Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, May 11, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

5 Langkah Jitu Menangkal Virus Corona di Wilayah Pesantren

Ilustrasi. (dok. Prospekt)

Topcareer.id – Pondok pesantren dinilai berpotensi menjadi institusi dalam pembangunan kesehatan dan menjadi lokasi yang efektif dalam penanganan pencegahan Covid-19.

Oleh karena itu, Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI), Masdalina Pane menyarankan lima langkah efektif di pesantren guna mengantisipasi penyebaran virus corona.

Pertama, testing bebas Covid-19 tetap diterapkan kepada santri yang akan masuk ke wilayah pesantren. Hal ini guna meminimalisir masuknya virus corona ke lingkungan pesantren.

Kedua, perhatikan kebersihan lingkungan pesantren. Mulai dari kebersihan kamar tidur, peralatan makan, dan peralatan beribadah. Pastikan semua itu higienis dan tidak dipakai secara bergantian.

Baca juga: Studi: Kerja dari Rumah Turunkan Produktivitas dan Inovasi

Ketiga, terapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, rajin mencucui tangan, menjaga jarak dan hindari kerumunan selama berada di lingkungan pesantren.

Keempat, apabila ada santri yang mengalami gejala ringan, segera melapor ke pengelola pesantren untuk segera mendapat tindakan cepat. Sehingga jika ditemukan gejala Covid-19, maka penanganan di pesantren jauh lebih mudah karena sedikit lalu lalang daripada di lingkungan perumahan.

Kelima, batasi jumlah pengunjung agar mampu menekan intensitas pertemuan dengan orang luar yang berpotensi menularkan virus corona.

Usahakan untuk membatasi jadwal kunjungan dari wali santri dan berikan jarak aman saat bertemu. Ingatkan juga untuk tidak melakukan kontak fisik, meski dengan keluarga sekalipun.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply