Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, December 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Trik Sederhana Manfaatkan Waktu Agar Tak Hanya Sibuk Tapi Juga Produktif

Topcareer.id – Dengan hanya ada waktu 24 jam dalam sehari, kamu harus bisa mengatur waktu dengan bijak. Rata-rata orang bekerja usia 25 hingga 54 tahun menghabiskan sekitar 8,6 jam per hari untuk aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan.

Waktu biasanya terpakai untuk mengobrol dengan rekan kerja, memeriksa email, menghadiri rapat, dan mengerjakan pekerjaan yang sebenarnya masih harus diselesaikan.

Agar kesibukan tidak membuatmu berantakan dan kehilangan produktivitas. Berikut ini lima strategi agar kamu bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Baca Juga: Gunakan Aturan 60-30-10 untuk Manajemen Waktu yang Baik

1. Membuat rencana

Habiskan sisa waktu teakhir hari kamu atau bagian awal dari hari kamu dengan merencanakan apa yang perlu kamu capai. Jadwalkan hari kamu ke dalam blok waktu. Perkirakan jumlah waktu yang diperlukan untuk setiap tugas. Misalnya, jika bagian pertama dari hari kamu adalah untuk membalas panggilan telepon dan email, jadwalkan blok waktu untuk melakukannya dan pertahankan. Jika kamu memiliki jadwal rapat dengan klien, putuskan berapa lama kamu akan mengadakan rapat dan buat rencana untuk mengakhirinya.

2. Prioritas

Lihatlah rencana tindakanmu dan putuskan tugas mana yang harus kamu selesaikan sepanjang hari. Jadwalkan tugas-tugas itu terlebih dahulu dan prioritas yang lebih rendah di kemudian hari. Kemudian, jika kamu kebetulan tidak mencapai beberapa prioritas yang lebih rendah, kamu tidak perlu khawatir kehilangan tenggat waktu atau membuat marah atasan, rekan kerja atau klien, karena kamu memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan prioritas yang lebih tinggi.

3. Beri sinyal

Beri tahu rekan kerja atau karyawan kamu saat dirimu sedang mengerjakan sesuatu dan kamu tidak ingin diganggu. Sinyalnya bisa berupa pintu tertutup dan tanda di luar yang menyatakan, “Jangan ganggu.” Atau kamu bisa melakukan sesuatu yang lebih halus seperti menggunakan headset saat bekerja, pindah ke ruangan yang lebih sepi. Hanya gunakan sinyal ini saat kamu benar-benar tidak bisa diganggu. Jika kamu menggunakannya secara berlebihan, maknanya akan hilang dan orang mungkin akan mengabaikannya.

4. Gantikan kebiasaan lama yang buruk

Cara terbaik untuk menghentikan kebiasaan lama adalah dengan memaksa menggantinya dengan yang baru. Misalnya, jika kamu memiliki kebiasaan menunda-nunda, selalu jadwalkan tugas yang tidak ingin kamu selesaikan di pagi hari dan tentukan waktu kapan kamu akan mengerjakannya lalu paksa diri untuk mematuhinya. Atau bagi tugas yang tidak diinginkan menjadi blok-blok kecil waktu selama beberapa hari.

5. Gunakan alat manajemen waktu
Jika kamu kesulitan menjalankan tugas, unduh aplikasi pengatur waktu di smartphone kamu. Atur pengatur waktu untuk jumlah waktu tertentu yang kamu inginkan untuk mengerjakan tugas.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply