Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, November 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Siapkan dari Sekarang! Ini 5 Keahlian yang Paling Dibutuhkan Tahun 2025

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Menurut sebuah artikel dari Forum Ekonomi Dunia, 35% keterampilan yang sangat penting dalam angkatan kerja saat ini akan berubah setelah tahun 2020.

Perubahan akan ditandai dengan peningkatan eksponensial dalam berbagai teknologi digital dan dunia maya serta munculnya mesin dan sistem pintar. Itu faktor kunci yang akan mendorong perubahan.

Sebuah survei International Data Corporation (IDC) yang ditugaskan oleh Microsoft, mengidentifikasi bahwa meskipun keterampilan teknis sangat berharga, pemberi kerja di masa depan akan lebih mementingkan soft skill.

Berikut ini 5 soft skill penting yang dibutuhkan pada tahun 2025 dan harus kamu pelajari sejak sekarang.

1) Social Intelligence Skills
Skill ini dibutuhkan untuk menyesuaikan perilaku kamu dalam mengakomodasi berbagai gaya komunikasi, kekuatan dan kelemahan yang berbeda, serta memahami banyak kepribadian berbeda. Jika kamu berada dalam posisi kepemimpinan atau sedang mengincar posisi tersebut, skill ini akan menjadi kompetensi utama yang harus kamu kembangkan.

Baca Juga: WEF Prediksi Bakal Ada 97 Juta Pekerjaan Baru, Manusia Dituntut Kuasai Skill Ini

2) Cross-cultural competency skills
Skill ini terkait social intelligence skill dalam kapasitasnya untuk berfungsi dalam lingkungan multikultural di dunia di mana tren globalisasi akan terus ada. Kamu harus mampu menyesuaikan cara berkomunikasi, berkolaborasi, dan berinteraksi dengan orang-orang lintas budaya. Lalu bagaimana kamu bisa mengidentifikasi, memahami, dan mengakomodasi tren budaya yang berbeda? Berbicaralah dengan bahasa universal dalam komunikasi visual. Luangkan waktumu untuk mempelajari kata-kata, frasa, dan body language dari budaya lain sebagai upaya untuk mengidentifikasi orang yang bekerja dengan kamu.

3) New media literacy skills
Konten video dan audio terus tumbuh menjadi tren yang menonjol dalam pertukaran informasi, dan dalam 5 tahun ke depan, akan semakin dibutuhkan di berbagai industri yang lebih luas. Kemampuanmu untuk mengonsumsi dan memahami konten visual akan menjadi keterampilan yang sangat diinginkan untuk calon pemberi kerja. Persiapkan dirimu dari sekarang. Menangkan perang untuk mendapatkan perhatian online dengan kursus singkat pemasaran digital, tuangkan kemampuan berpikir visualmu dengan mengembangkan skill desain grafis, dan teruslah berkreasi di belakang kamera dengan meningkatkan keahlian fotografi digital.

4) Virtual collaboration skills
Globalisasi telah mengakibatkan tempat kerja hidup berdampingan di berbagai negara dan zona waktu yang berbeda. Survei para pemimpin bisnis di Global Leadership Summit di London menemukan bahwa 34% eksekutif memiliki lebih dari setengah karyawan penuh waktu perusahaan mereka yang bekerja dari jarak jauh pada tahun 2020. Dan tren ini akan terus meningkat. Kolaborasi virtual akan terus ada, kamu harus dapat terus terlibat dan mendorong produktivitas dengan tim virtual dengan cara yang sama seperti jika semua orang berada di dalam gedung yang sama.

5) Self-direction skills
Outsourcing, freelancing, dan telecommuting adalah tren yang meningkat dan akan menonjol di tempat kerja masa depan, sehingga tidak mungkin untuk mengawasi setiap karyawan. Kamu perlu tahu cara mengarahkan diri sendiri. Ini melibatkan peningkatan tanggung jawab, disiplin diri dan akuntabel, membuat keputusan penting sendiri, menjaga ketenanganmu di bawah tekanan, dan memiliki tingkat kesadaran diri yang tinggi. Kesadaran diri yang tinggi adalah “prediktor terkuat dari kesuksesan secara keseluruhan.”**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply