Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, November 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Waspada! Risiko Penularan Covid-19 di Rumah Diatas 50%

Ilustrasi. (dok. Adobestock)

Topcareer.id – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyebut penularan Covid-19 di antara anggota dalam rumah tangga setelah satu orang terinfeksi adalah umum dan terjadi dengan cepat setelah timbulnya penyakit.

Orang yang terpapar atau dicurigai menderita Covid-19 harus diisolasi sebelum dites dan sebelum menerima hasil tes untuk melindungi orang lain di rumah, kata penelitian tersebut yang diterbitkan Jumat (30/10) dalam Laporan Mingguan Morbiditas dan Kematian CDC.

“Isolasi yang cepat pada orang dengan Covid-19 dapat mengurangi penularan di rumah, orang yang diduga memiliki Covid-19 sebaiknya mengisolasi diri tinggal di rumah dan menggunakan kamar tidur serta kamar mandi terpisah jika memungkinkan,” tulis tim yang dipimpin oleh CDC.

Baca Juga: Cara Kurangi Risiko Penularan Covid-19 di Ruangan Kantor Ber-AC

Selain itu, semua anggota rumah tangga harus memakai masker setiap saat di ruang umum dalam rumah.

Penelitian tersebut merupakan bagian dari penelitian yang didukung CDC, mengawasi 101 orang yang awalnya terinfeksi Covid-19 di Nashville, Tennessee, dan Marshfield, Wisconsin, antara April dan September.

Bersama dengan orang lainnya yang tinggal di rumah mereka, orang yang terinfeksi dilatih untuk mengumpulkan spesimen sendiri setiap hari selama 14 hari. Selain itu, setiap orang menyelesaikan buku harian gejala.

Infeksinya sangat cepat menyebar di rumah. Lebih dari setengah orang (53%) yang tinggal dengan seseorang yang sedang berjuang melawan Covid-19 menjadi ikut terinfeksi dalam waktu seminggu. Sekitar 75% dari infeksi sekunder ini terjadi dalam lima hari sejak gejala pertama dialami oleh pasien awal.

Tingkat infeksi dalam rumah tangga sebesar 53% tersebut lebih tinggi dari yang telah didokumentasikan sejauh ini.

Tetap terisolasi dari anggota rumah tangga lain di dalam rumah bisa menjadi tantangan berat, terutama jika berada di ruang kecil atau ada anak di rumah, namun wajib untuk dilakukan.

Jika tinggal sendiri, tantangannya adalah memantau gejala dan merawat diri sendiri saat merasa tidak enak badan. Pastikan untuk memiliki rencana agar makanan dan obat-obatan dikirim ke rumah, dan temukan seseorang yang dapat membantu untuk memeriksamu secara rutin.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply