Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ingin Jadi Pemimpin Sejati? Lakukan 9 Hal Ini (Bagian 1)

Ilustrasi. Sumber foto: ntuclearninghub.comIlustrasi. Sumber foto: ntuclearninghub.com

Topcareer.id – Bagaimana kita menghabiskan hari-hari kita adalah gambaran bagaimana kita akan menghabiskan hidup kita. Keputusan yang tampaknya kecil, pada akhirnya adalah yang paling berpengaruh.

Pilihan dan kebiasaan inilah yang membentuk siapa kita sebagai individu, dan siapa kita sebagai pemimpin.

Dilansir dari laman Fairy God Boss, berikut aktivitas dan kebiasaan para CEO dan pakar kepemimpinan yang mereka lakukan setiap hari, sehingga menjadikan mereka pemimpin sejati.

Bagian pertama dari tulisan.

1. Mereka menjadwalkan waktu ‘me time’ setiap hari

“Satu hal yang harus dilakukan CEO setiap hari adalah meluangkan waktu untuk diri mereka sendiri, dan menjauhi bisnis mereka,” kata Beth Lawrence, CEO Beth Lawrence Meetings & Events.

“Saya menemukan, meskipun saya meluangkan waktu satu jam untuk berjalan-jalan pada waktu makan siang, membaca buku, terhubung dengan mentor saya, atau melakukan kelas yoga di pagi hari, membuat saya jauh lebih mampu untuk tetap fokus pada tugas yang ada, dan menjadi pemimpin yang lebih efektif.”

2. Mereka tidak memperlakukan kotak masuk mereka sebagai beban pikiran

“Saya tahu ini lebih buruk dari sebelumnya dengan semua pertemuan Zoom, tapi kami HARUS meninjau email kami dan menanggapinya setiap hari,” kata Holly Koenig, CEO dan Direktur Eksekutif Masyarakat Asosiasi Eksekutif New York.

“Kalender saya dipesan sepanjang hari dengan rapat internal dan eksternal, tapi saya sengaja memblokir dua area di kalender saya. Semua orang tahu bahwa mereka tidak dapat meminta waktu rapat pada waktu itu. Saya memastikan bahwa saya meninjau dan menanggapi email pagi dan kemudian lagi di sore hari,”  ujarnya.

Baca juga: 5 Soft Skill Kepemimpinan untuk Bangun Tim yang Solid

3. Mereka memulai hari mereka dengan tenang dan membumi

“Kebanyakan orang bangun dan terburu-buru sepanjang hari, dengan panik berjalan-jalan, menatap layar selama waktu henti, berbicara dengan orang lain, dan melakukan tugas dan kesibukan,” kata Stacy Caprio, Pendiri Her.CEO

Ia mengatakan, apa yang membedakan seorang pemimpin adalah meluangkan waktu 10 menit atau lebih setiap hari, untuk menyendiri dalam keheningan, sambil merenungkan hari dan masa depan, berpikir dan merencanakan. Inilah yang memungkinkan mereka untuk berpikir, berefleksi, dan menjadi yang terdepan dalam persaingan.

4. Mereka aktif setiap hari dalam mendengarkan orang-orang yang mereka pimpin

“Saya selalu memastikan untuk mendengarkan karyawan saya dan benar-benar menerima umpan balik dan ide mereka. Jika kamu satu-satunya yang memberikan ide, perusahaan dan pekerjaan itu sendiri akan menjadi sangat monoton dengan cepat, “kata Chane Steiner, CEO Crediful.

Menurutnya, mengambil inspirasi dari orang-orang yang menghormatimu akan membuat mereka merasa didengarkan, dan seringkali, mereka memiliki beberapa ide hebat.**(Feb)

Leave a Reply