Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, December 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

6 Keterampilan Komunikasi yang Wajib Dikembangkan di Zaman Ini

Dok. Limeade

Topcareer.id – Komunikasi yang efektif adalah salah satu keterampilan yang paling dicari oleh seluruh perusahaan di dunia. Mengapa? Karena komunikasi tidak hanya memungkinkan kamu untuk memahami orang lain dan situasi secara lebih lengkap, tetapi juga memungkinkan kamu untuk menciptakan kondisi yang lebih positif untuk pemecahan masalah dan kolaborasi.

Kembangkan 6 keterampilan komunikasi berikut ini untuk meningkatkan peluang suksesmu di saat sekarang dan tahun-tahun mendatang.

1. Mendengarkan secara aktif
Mendengarkan yang benar-benar berhasil tidak hanya tentang tindakan mendengar kata-kata yang diucapkan, tetapi mendengarkan dengan perhatian dan mampu memahami apa yang dikomunikasikan. Ini membantu menciptakan lingkungan di mana orang merasa nyaman untuk mengekspresikan ide dan pendapat mereka serta membangun hubungan yang lebih dalam.

2. Memperhatikan komunikasi non-verbal
Komunikasi non-verbal mengacu pada semua sinyal tanpa kata yang dibuat. Dari ekspresi wajah hingga bahasa tubuh, kontak mata, dan bahkan cara bernapas. Mampu memahami sepenuhnya sinyal komunikasi non-verbal orang lain adalah keterampilan penting untuk membantu terhubung dengan orang lain secara lebih bermakna. Demikian pula, dengan memahami sinyal non-verbal dirimu sendiri, kamu akan berada di tempat yang lebih baik untuk menyampaikan pemikiran dan ide kamu secara lebih efisien.

Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan Bahasa Tubuh Ini Saat Komunikasi

3. Berempati
Empati adalah keterampilan yang berharga dalam hal mengembangkan komunikasi yang efektif. Bahkan lebih penting untuk mempertimbangkan dan menghormati sudut pandang lain yang berbeda dari sudut pandang kamu. Menunjukkan rasa hormat kepada orang lain dan secara aktif mendengarkan pendapat mereka akan membantu kamu berkomunikasi dengan mereka dengan lebih tulus.

4. Kecerdasan emosional
Mengembangkan kecerdasan emosional membutuhkan waktu, tetapi ini penting untuk membuat dirimu mampu mengembangkan kesadaran diri dan manajemen diri yang lebih besar. Ini juga akan memungkinkan kamu menjadi lebih sadar secara sosial. Dengan menguasai kecerdasan emosional, kamu akan lebih mungkin memahami orang lain dengan lebih efektif. Kamu juga akan mendapatkan kendali dan kesadaran yang lebih baik tentang bagaimana komunikasi non-verbal mempengaruhi pemahaman orang lain dan pesan yang kamu coba kirimkan.

5. Mengatur nada suara
Menggunakan nada suara dan volume yang tepat untuk setiap situasi penting untuk menciptakan suasana percakapan yang diinginkan. Saat mencoba memengaruhi dan berkomunikasi secara efektif dengan orang lain, usahakan untuk berbicara dengan tenang, percaya diri, dan ramah. Ini akan membantu mengatur nada positif untuk diskusi yang akan datang dan akan mendorong orang yang mendengarkan untuk menanggapi dengan cara yang sama.

6. Mengajukan Pertanyaan
Mengajukan pertanyaan tentang poin tertentu dapat menjadi teknik yang berguna saat kamu membutuhkan lebih banyak informasi atau tanggapan yang lebih rinci. Selain itu, mengajukan pertanyaan yang relevan dan berwawasan juga menunjukkan bahwa kamu memperhatikan dan tertarik pada apa yang sedang dibahas, ini membantu membina hubungan yang lebih positif.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply