Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, November 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Pemerintah Klaim Roadmap Vaksinasi Covid-19 dalam Tahap Finalisasi

Foto Ilustrasi vaksin covid-19

Topcareer.id – Pemerintah melalui Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengaku akan segera menyelesaikan roadmap atau peta jalan vaksinasi.

Roadmap ini mencakup berbagai hal mulai dari siapa saja yang akan menerima vaksin, penyusunan tahapan prioritas penerima vaksin, hingga mempertimbangkan ketersediaan vaksin, jumlah penduduk, wilayah berisiko, tahapan pemakaian dan indeks pemakaiannya.

“Selain itu, roadmap mencakup perkiraan skema platform vaksin dan sasaran klaster kelompok, estimasi kebutuhan dan rencana pemberian vaksin,” ujar Wiku di Kantor Presiden di Jakarta, Selasa (3/11/2020).

Baca juga: Waspada! Risiko Penularan Covid-19 di Rumah di Atas 50%

Untuk mencapai efektivitas vaksin yang maksimal, roadmap ini juga memperhatikan cold chain atau rantai dingin vaksin, dan kapasitas SDM yang melibatkan beberapa jenis tenaga kesehatan termasuk vaksinator.

“Di samping hal-hal yang telah disebutkan, pemerintah telah mengkaji hal-hal penting lainnya yang tidak boleh diabaikan dalam persiapan vaksinasi nasional. Hal itu bertujuan memastikan keamanan dan ketersediaan serta mekanisme penyuntikan vaksin dengan melibatkan pendapat dari berbagai elemen baik lintas kementerian dan lembaga,” jelasnya.

Sebagai penutup, Wiku menegaskan meskipun vaksin sudah ditemukan, masyarakat diharapkan tetap mematuhi protokol 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sebagai upaya pencegahan primer.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply