Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, November 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Perhatikan Saran Ini Saat Kamu Hendak Memilih Jalur Kariermu

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Memilih jalur karier merupakan salah satu keputusan terpenting. Bergantung pada individu, pilihan karier dapat diputuskan dengan mengikuti jejak orang tua atau mengambil alih bisnis keluarga.

Bagi orang lain, jalur kariernya adalah mengejar hasrat atau impian seumur hidup. Apakah jalur kariermu jelas atau tidak pasti, perencanaan yang cermat akan sangat membantu untuk menghasilkan pekerjaan terbaik seumur hidup.

Perhatikan hal berikut ini ketika kamu hendak memutuskan jalur kariermu:

1. Periksa minat kamu
Langkah pertama dalam memilih karier yang tepat adalah memikirkan minat kamu. Evaluasi kreativitas kamu atau keinginanmu untuk bekerja dengan orang lain. Jangan khawatir jika kamu memiliki pendidikan atau pengalaman untuk karier tertentu atau berapa banyak uang yang mungkin kamu hasilkan.

Baca Juga: Jangan Asal Pilih Pasangan, Kariermu Taruhannya!

2. Fokuskan pencarian
Setelah mengidentifikasi minat, carilah pekerjaan. Gali informasi tentang ribuan pekerjaan termasuk gaji, persyaratan, dan lingkungan kerja, sehingga kamu dapat memperoleh pandangan yang lebih realistis tentang seperti apa hidupmu saat memilih jalur tertentu.

3. Evaluasi kesiapan diri
Setelah berfokus pada karier tertentu berdasarkan minat, cari tahu pendidikan terkaitnya, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkannya. Beberapa bidang mungkin tak hanya memerlukan gelar akademik saja, namun juga memerlukan sertifikasi untuk jalur yang kamu pilih.

4. Jelajahi karier
Langkah selanjutnya adalah menjelajahi kemungkinan pekerjaan dalam karier pilihan kamu. Situs pekerjaan online adalah alat yang berguna untuk melihat apakah pekerjaan yang kamu inginkan sesuai dengan jalur karier kamu. Tanyakan kepada teman dan anggota keluarga yang bekerja dalam profesi pilihan kamu atau kunjungi teman yang bekerja di bagian sumber daya manusia di sebuah perusahaan. Semua informasi dari mereka akan membantu memberimu gambaran realistis tentang apa yang diminati di pasar kerja saat ini.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply