Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Agustus 4, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Jangan Asal Pilih Pasangan, Kariermu Taruhannya!

Dok. Careerbuilder

Topcareer.id – Mulai sekarang, berhati-hatilah dalam mencari pasangan, apalagi untuk melangkah serius ke pernikahan. Karena tak menutup kemungkinan jika pasanganmu itu yang membuat kariermu melejit.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Carnegie Mellon University, orang dengan pasangan yang mendukung memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk berhasil.

Setelah mempelajari 163 pasangan menikah, psikolog menemukan bahwa subjek dengan pasangan yang mendukung lebih mungkin untuk menghadapi tantangan yang berpotensi memberi keuntungan.

Mereka yang menerima tantangan akan mengalami lebih banyak pertumbuhan pribadi, kebahagiaan, dan kesejahteraan psikologis hanya beberapa bulan kemudian.

“Kami menemukan dukungan untuk gagasan bahwa pilihan yang diambil orang pada titik-titik keputusan spesifik ini, seperti mengejar peluang kerja, sangat berarti bagi kesejahteraan jangka panjang mereka,” kata penulis utama studi dan profesor psikologi di Dietrich College of Humaniora dan Ilmu Sosial, Universitas Carnegie Mellon, Brooke Feeney, dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Karier Stuck, Tapi Bingung Bertahan atau Pergi? Coba Tips Ini

Banyak orang sukses membahas pentingnya memiliki pasangan di sisi mereka di sepanjang perjalanan karier. Mantan presiden Barack Obama menghubungkan keberhasilan politiknya dengan istrinya.

“Jelas saya tidak bisa melakukan apapun yang saya lakukan tanpa Michelle,” Obama memberitahu Oprah Winfrey pada 2011.

CEO Facebook Mark Zuckerberg juga mencatat peran vital yang dimainkan istrinya Priscilla Chan dalam hidupnya saat pidato pembukaan Harvard 2017. Guru teknologi itu mengatakan bahwa Chan mengilhami dia untuk menyumbangkan waktunya dan melakukan pekerjaan sosial.

“Priscilla adalah orang yang paling penting dalam hidup saya sehingga kamu dapat mengatakan, itu hal terpenting yang saya bangun di waktu saya di sini,” kata Zuckerberg dalam pidatonya.

Tentu saja, bukan hanya pada kasus perempuan yang mendukung suami mereka saja, tapi sebaliknya. Dalam sebuah wawancara 2013 dengan Winfrey, Beyoncé mengatakan bahwa suaminya, rapper dan mogul Jay-Z, sangat mendukung dan membantunya pada banyak tingkatan.

“Saya tidak akan menjadi perempuan seperti saya saat ini jika saya tidak pulang ke rumah untuk pria itu. Itu seperti memberi saya pijakan.”

Baca juga: Aturan untuk Sukses Berkarier Sebagai Seorang Jurnalis

Menurut penelitian ini, ada tiga langkah kunci yang bisa diambil seseorang untuk mendorong pasangan mereka merangkul peluang kerja baru, yakni ungkapkan antusiasme tentang peluang, yakinkan pasangan, dan bahas manfaat mengambil peran atau tantangan baru.

“Orang lain yang signifikan dapat membantumu berkembang melalui merangkul peluang hidup. Atau mereka dapat menghambat kemampuanmu untuk berkembang dengan memperkecil kemungkinanmu mengejar peluang pertumbuhan.”

Tinggalkan Balasan