Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, December 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

4 Alasan Kamu Membutuhkan Dana Darurat

Topcareer.id – Kehidupan saat ini semakin sulit diprediksi. Dari tagihan tak terduga hingga kehilangan pekerjaan. Di saat tersebut dana darurat akan membantu melindungi kesejahteraan finansial kamu.

Tidak ada orang yang mau menghabiskan waktu mereka untuk merenungkan skenario terburuk. Tetapi jika keadaan darurat terjadi dan kamu tidak siap secara finansial, dampaknya tidak hanya sangat membuat stres, tetapi juga dapat menimbulkan konsekuensi finansial yang serius.

Berikut ini 4 alasan umum yang membutuhkan dana darurat:

1. Kehilangan pekerjaan

Melindungi karier kamu adalah salah satu alasanmu membutuhkan dana darurat. “Orang-orang kehilangan pekerjaan mereka secara tidak terduga dan harus memikirkannya,” kata David Wright, seorang blogger di DollarBits.com, sebuah situs web keuangan pribadi. “Jika mereka memiliki dana darurat, mereka dapat memiliki uang tunai yang tersedia untuk membayar sewa, utilitas, dll. Tanpa dana tersebut, bagaimana bisa memenuhi kebutuhan?” Jika terjadi kehilangan pekerjaan, salah satu alasan utama kamu membutuhkan dana darurat adalah agar kamu dapat membuat pilihan yang bijaksana tentang langkah karir selanjutnya.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Dana hingga Rp 37 Triliun untuk Vaksin Covid-19

2. Tagihan medis

Dari penyakit atau gigi berlubang yang tidak terduga hingga kecelakaan besar, bisa menjadi salah satu dari banyak alasan dana darurat wajib dimiliki. Dengan adanya dana darurat kamu tidak perlu mengalami biaya pengobatan yang besar dan. Meskipun memiliki asuransi kesehatan atau gigi, itu tidak menjamin bahwa kamu tidak perlu membayar sendiri semua atau sebagian dari biaya perawatanmu.

3. Perbaikan rumah

Saat sedang bersantai di rumah dan tiba-tiba atap rumah kamu bocor, atau tembok dan lantai retak akibat perubahan cuaca, hal itu tidak hanya akan merusak acara bersantai kamu, tetapi juga dapat merusak anggaranmu. Hal ini juga bisa menjadi alasan bagus lainnya mengapa kamu membutuhkan dana darurat. Jika kamu memang memiliki pengeluaran tak terduga dan membayarnya dengan kartu kredit, dana darurat akan membantumu melunasi tagihan tanpa menimbulkan biaya bunga.

4. Perbaikan kendaraan

Tambahkan perbaikan mobil dan motor ke daftar alasan mengapa kamu membutuhkan dana darurat. Memiliki mobil dan motor yang berfungsi sangat penting bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang tidak memiliki akses ke transportasi umum. Jika kamu tidak memiliki mobil atau motor, kamu mungkin akan kesulitan tiba di kantor tepat waktu. Salah satu alasan umum dana darurat adalah untuk menutupi biaya perbaikan atau kecelakaan kendaraan bermotor milikmu yang mahal.

Sekalipun ada asuransi, kamu mungkin masih harus membayar biaya tak terduga jika terjadi kecelakaan, dan perbaikan yang bisa membuatmu membayar lebih.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply