Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, November 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tujuh Skill Penting untuk Bekerja dengan Bot (Bagian 2)

Topcareer.id – Ingin menguasai teknologi yang merevolusi dunia kerja? Kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk bekerja dengan bot perangkat lunak.

Program ini dirancang untuk mengotomatisasi tugas yang memakan waktu dan berulang, yang secara tradisional harus dilakukan orang. Ini akan membebaskanmu untuk bisa menangani pekerjaan yang lebih banyak dan memuaskan.

Alexandra Levin, pembicara dan penulis Humanity Works: Merging Technologies and People for the Workforce of the Future, menunjukkan bahwa meskipun bot dan otomatisasi sudah mengganggu bisnis dan keuangan, mereka akan segera digunakan untuk rantai pasokan dan manufaktur, hukum, obat-obatan, dan sejumlah bidang lainnya.

Dengan dunia yang tengah menghadapi gejolak ekonomi setelah pandemi COVID-19, dia mengatakan semakin penting bagi orang-orang untuk mempersiapkan diri mereka menghadapi apa yang akan datang, dengan membangun seperangkat keterampilan untuk menghadapi masa depan.

Jika kamu berpikir untuk bekerja dengan bot, berikut ini keterampilan paling penting yang dibutuhkan.

Menguasai Teknologi Saat Ini
Tugas tengah semester di kelas Morris adalah untuk mendapatkan sertifikasi pemrosesan data di salah satu sistem baru seperti Alteryx atau Amazon Web Services (AWS) yang memungkinkan orang dan bisnis untuk dengan mudah menyerap, memproses, dan menganalisis kumpulan data besar.

Levin merekomendasikan untuk mempelajari teknologi Amazon dan khususnya AWS untuk semua orang. “Kamu dapat menggunakan teknologi ke tangan kamy sendiri daripada menunggu seseorang memberi tahu apa yang harus kamu gunakan,” katanya.

Baca juga: Kisah Pasien yang Jalani Operasi Reseksi Hati Robotik Pertama di Dubai

Keterbukaan dan kemauan diri untuk berubah
Meskipun kamu berada di puncak teknologi paling penting saat ini, penting juga untuk tidak bergantung pada pencapaian teknologi seseorang. Kamu harus mengambil alih dirimu untuk tetap berada di atas kemajuan teknologi. Ironisnya, pekerja teknologi telah menjadi pelanggar terburuk dalam hal tidak mengikuti arus.

Banyak orang yang terbiasa dengan pengkodean dan keterampilan teknis lainnya yang banyak diminati dan menjadi berpuas diri. “Orang-orang yang akan gagal adalah orang-orang yang menolak untuk mengakui bahwa hal ini akan datang dan tidak akan mempelajari keterampilan baru untuk membuat diri mereka diinginkan,” kata Levin.

Komunikasi
Meskipun bot cocok untuk tugas teknis dan mekanis, bot masih jauh dari kemampuan berhubungan dan terhubung. Keterampilan interpersonal akan selalu diminati. Levin mengatakan banyak pekerja hanya fokus pada kemampuan teknis mereka. Itu salah.

Jika kamu ingin menjadi sukses di masa depan, fokuslah pada keterampilan yang membuat kamu menjadi manusia yang unik, seperti intuisi, penilaian, pemecahan masalah, dan inovasi.

Manusia adalah makhluk sosial dan tempat kerja akan selalu memiliki tempat bagi komunikator hebat yang dapat memahami apa yang dibutuhkan klien atau apa yang diharapkan pemangku kepentingan dari suatu proyek.

Sabar
Bot cukup sederhana sehingga mereka yang tidak memiliki gelar teknis lanjutan pun dapat menggunakannya. Namun bukan berarti kamu akan mendapatkan data atau jawaban pasti yang kamu butuhkan untuk sebuah proyek saat pertama kali mencobanya. Jika kamu sebagai pendatang baru, kamu harus sabar dengan tools dan dengan dirimu sendiri dalam bekerja dengan bot.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply