Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Mengapa Kejujuran Itu Penting dalam Dunia Profesional, dan Apa Keuntungannya

Topcareer.id – Bagi pikiran sebagian orang, mengatakan kebohongan di tempat kerja lebih besar menfaatnya daripada manfaat kejujuran.

CNBC menjelaskan bahwa berbohong bisa berkembang dalam lingkungan yang kejam dan berisiko tinggi di mana karyawan akan mengatakan atau melakukan apa pun untuk maju.

Namun, pentingnya mengatakan kebenaran tidak bisa dilebih-lebihkan. Meskipun kebohongan mungkin berhasil dalam jangka pendek, cepat atau lambat si pembohong akan jatuh.

Mengapa kejujuran itu penting
Salah satu keuntungan terbesar dari mengatakan kebenaran di tempat kerja adalah menciptakan tempat yang aman bagi orang lain untuk terbuka dan berbagi ide. Mereka yang berada di garis depan, misalnya, sering kali berada pada posisi terbaik untuk menunjukkan inefisiensi dan menawarkan solusi.

Kejujuran di tempat kerja memberikan dasar yang kokoh untuk membangun tim yang kohesif dan produktif. Karyawan mendapat manfaat dari mengetahui bahwa mereka dapat mempercayai apa yang dikatakan bos kepada mereka.

Sebaliknya, dinding pembatas akan muncul antara manajemen dan staf ketika kejujuran tidak diterapkan secara menyeluruh. Saling tidak suka sering kali berasal dari insiden komunikasi yang menyesatkan. Menyembunyikan informasi adalah bentuk lain dari ketidakjujuran halus.

Manfaat kejujuran
Manfaat kejujuran di tempat kerja terbukti secara pribadi dan profesional. Orang yang jujur ​​memiliki keunggulan dalam menjaga harga diri dan menikmati kesuksesan karier. Keuntungan kejujuran di tempat kerja meliputi:

  • Integritas
    Orang yang jujur ​​bisa merasa senang ketika mereka bercermin dengan mengetahui bahwa mereka adalah tipe orang yang dipercaya dan dikagumi orang lain. Integritas adalah nilai inti yang tidak dapat diambil orang lain dari dirimu.
  • Reputasi positif
    Kejujuran meningkatkan reputasi profesional, yang membantu membangun pelanggan yang setia dan rujukan dari mulut ke mulut. Sebaliknya, reputasi ketidakjujuran akan membuat pelanggan menjauh.
  • Kesetiaan pelanggan
    Kejujuran sangat membantu dalam menjalankan bisnis. Kesalahan tidak bisa dihindari, tetapi bagaimana perusahaan menanggapi keluhan dapat menentukan apakah pelanggan tetap terus bersama perusahaan.
  • Mobilitas Karier
    Perusahaan akan mempromosikan pekerja yang dapat dipercaya dan menindaklanjuti apa yang mereka katakan. Individu yang berbohong dan membuat alasan dapat membahayakan pekerjaan mereka.

The Keller Institute menunjukkan hubungan antara kepercayaan dan kejujuran. Keduanya adalah kualitas penting di tempat kerja yang sehat dan fungsional. Seorang bos menginginkan karyawan yang jujur ​​dan dapat dipercaya. Sebaliknya, karyawan mendapatkan keuntungan dengan memiliki bos yang transparan dan terbuka saat berbagi informasi.

Evaluasi kinerja, misalnya, memberikan kesempatan untuk secara terbuka mendiskusikan pencapaian karyawan dan area yang membutuhkan perbaikan. Penilaian yang jujur ​​bermanfaat bagi karyawan dengan memberi tahu mereka tujuan apa yang perlu mereka capai agar berhasil.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply