Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, November 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Efektif vs Efisien, Apa Perbedaannya dalam Hal Produktivitas?

Ilustrasi. (dok. Safebee)

Topcareer.id – Efektivitas dan efisiensi memiliki banyak kesamaan, dan karena itu sering disalahgunakan serta disalahartikan dalam penggunaannya sehari-hari.

Memanfaatkan metodologi yang efektif dan efisien di hampir semua kapasitas kerja dan kehidupan akan menghasilkan tingkat produktivitas yang tinggi, sementara kurangnya metodologi ini akan menyebabkan kurangnya hasil yang positif.

Efektif vs Efisien
Efektif didefinisikan sebagai “menghasilkan efek yang diputuskan, menentukan, atau diinginkan.” Sementara itu, kata “efisien” diartikan sebagai “kemampuan memberikan hasil yang diinginkan dengan sedikit atau tanpa pemborosan (berdasarkan waktu atau materi).”

Cara yang agak sederhana untuk menjelaskan perbedaan antara keduanya adalah dengan mempertimbangkan bola lampu. Katakanlah bahwa lampu teras kamu padam dan kamu memutuskan bahwa ingin mengganti bola lampu pijar di luar dengan yang LED.

Satu bola lampu pijar akan efektif dalam mencapai tujuan memberi cahaya di malam hari, tetapi lampu LED akan menggunakan lebih sedikit energi dan karenanya menjadi pilihan yang lebih efisien.

Cara efektif difokuskan pada pencapaian tujuan, sedangkan metode yang efisien difokuskan pada cara terbaik untuk mencapai tujuan.

Dalam hal efektif vs efisien, tujuan mencapai produktivitas maksimum akan menjadi kombinasi di mana subjeknya efektif dan seefisien mungkin dalam melakukannya.

Menggabungkan Efisiensi dan Efektivitas untuk Memaksimalkan Produktivitas
Menjadi efektif vs efisien bekerja paling baik jika keduanya digabungkan untuk hasil terbaik.

Jika sebuah bisnis tidak efektif dalam mencapai tujuan keseluruhannya, dan pelanggan tidak merasa bahwa layanan tersebut disamakan dengan biaya, maka efisiensi menjadi tidak relevan. Bisnisnya mungkin cepat dan menggunakan sumber daya yang minimal, tetapi mereka berjuang untuk menjadi efektif. Hal ini dapat membuat mereka berisiko jatuh.

Karena alasan inilah yang terbaik adalah harus menjadi efektif terlebih dahulu, dan kemudian bekerja untuk mewujudkan efisiensi ke dalam praktiknya.

Meningkatkan produktivitas dimulai dengan mengambil inisiatif untuk melihat seberapa efektif perusahaan, karyawan, atau metode melalui tinjauan kinerja. Para pemimpin harus memastikan secara teratur memeriksa kinerja di semua tingkatan secara keseluruhan, dan mempertimbangkan hasil yang dihasilkan.

Perusahaan dan karyawan sering kali menyerah pada ketidakefisienan karena mereka tidak mencari cara yang lebih baik, atau mereka kekurangan alat yang tepat untuk menjadi efektif dengan cara yang seefisien mungkin.

Mirip dengan meningkatkan tingkat efektivitas manajer atau karyawan, mengukur sumber daya yang diperlukan secara teratur untuk mendapatkan efek yang diinginkan akan memastikan bahwa efisiensi diperhitungkan. Ini melibatkan segalanya mulai dari melacak inventaris dan biaya, hingga bagaimana komunikasi ditangani dalam suatu organisasi.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply