Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, November 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Jurus Jitu untuk Mengesankan Siapapun dalam 15 Menit

Ilustrasi. Sumber foto: abc.net.auIlustrasi. Sumber foto: abc.net.au

Topcareer.id – Kesepakatan bisnis, peluang karier, tawaran pekerjaan, hingga kesempatan kencan kedua, bermula dari kesan pertama yang baik. Tapi, bagaimana jika kamu tidak yakin bagaimana menampilkan kesan pertama yang baik?

Belajar untuk mengesankan siapa pun 15 menit atau kurang sebenarnya adalah prestasi yang jauh lebih bisa dicapai daripada yang mungkin kamu yakini, jika kamu tahu taktik yang tepat. Berikut cara mengesankan siapapun dalam waktu 15 menit atau kurang pada pertemuan awal, seperti dikutip dalam laman The Ladders.

1. Mendengarkan lebi banyak daripada berbicara

“Salah satu cara tercepat untuk mengesankan siapapun adalah mendengarkan lebih banyak daripada kamu berbicara,” jelas Managing Director di Global Sound Group yang berbasis di London, James Dyble.

Ia menjelaskan, banyak orang percaya bahwa mereka harus membuat daftar semua kesuksesan mereka. Namun, menunjukkan bahwa kamu adalah pendengar yang baik, jauh lebih kuat dan itu akan menciptakan kesan yang lebih tahan lama daripada yang lain.

2. Berpakaian yang pantas untuk sukses

Sebisa mungkin, jadilah yang terbaik dan berpakaianlah dengan pantas. Ini menunjukkan kepada orang-orang bahwa kamu menghormati dan peduli pada diri sendiri.

“Saat orang-orang melihat betapa bagusnya pakaian dan dandananmu, mereka akan mengira kamu memiliki sesuatu yang penting untuk dibicarakan, yang menimbulkan rasa ingin tahu dan keterlibatan,” kata Dennis Bell, Pendiri dan CEO Byblos Coffee.

3. Hidup sesuai dengan persona online-mu

“Bagaimana awalnya kami memandang seseorang biasanya dipengaruhi oleh ekspektasi kami. Misalnya, kami melihat akun LinkedIn seseorang, membagikan beberapa email, dan kami sudah memiliki fotonya. Jika mereka berubah menjadi orang lain secara langsung, kami akan kecewa,” kata Emilija Simic, konsultan SDM untuk TeamStage.

Meskipun mencoba memenuhi ekspektasi seseorang bisa jadi mengintimidasi, yang disarankan Simic adalah lebih untuk memastikan kehadiran onlinemu adalah representasi akurat tentang siapa dirimu, daripada alter ego yang membengkak yang tidak sesuai dengan siapa kamu sebenarnya.

4. Siapkan pidato singkat untuk dirimu sendiri

Tidak yakin bagaimana menjelaskan pengalaman profesionalmu atau khawatir kamu akan melebih-lebihkan penghargaan? Berlatih sebelumnya akan memastikanmu tampil percaya diri dan siap tanpa terdengar seperti sedang membual.

“Pastikan untuk mempersiapkan pidato singkat yang akan membantumu dengan fasih mengatakan apa yang kamu lakukan, bagaimana kamu melakukannya, apa artinya bagimu, dan mengapa itu membuat perbedaan,” tambah Simic.

5. Perhatikan bahasa tubuh

Hal-hal yang kita katakan itu penting, tetapi sinyal yang kita kirimkan menggunakan bahasa tubuh juga penting. Menurut Simic, kamu harus selalu memastikan untuk mengirimkan sinyal non verbal positif seperti, menghindari bungkuk, tersenyum tipis dan menjaga kontak mata.**(Feb)

Leave a Reply