Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Cara Perusahaan Fasilitasi Tempat Kerja yang Aman dari Covid-19

Dok. Freepik

Topcareer.id – Penyebaran Covid-19 bisa terjadi di mana saja, apalagi di tempat kerja. Untuk itu penerapan 3M (mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker) serta memfasilitasi tempat kerja yang aman dan sehat menjadi hal yang seharusnya dilakukan oleh karyawan maupun pihak manajemen perusahaan.

Bagaimana perusahaan memfasilitasi tempat kerja yang aman dan sehat? Mengutip laman Kementerian Kesehatan ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

  1. Sanitasi lingkungan kerja

“Memastikan seluruh area kerja bersih dan higienis dengan melakukan pembersihan secara berkala menggunakan pembersih dan desinfektan yang sesuai (setiap 4 jam sekali),” tulis rilis Kemkes.

Terutama, pegangan pintu dan tangga, tombol lift, peralatan kantor yang digunakan bersama, area dan fasilitas umum lainnya. Selain itu, tetap menjaga kualitas udara tempat kerja dengan mengoptimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari masuk ruangan kerja, pembersihan filter AC.

2. Sarana cuci tangan

Perusahaan harus menyediakan sarana cuci tangan yang layak dengan menyediakan lebih banyak sarana cuci tangan (sabun dan air mengalir). Selain itu, perlu memberikan petunjuk lokasi sarana cuci tangan, memasang poster edukasi cara mencuci tangan yang benar.

Manajemen perusahaan juga perlu menyediakan handsanitizer dengan konsentrasi alkohol minimal 70% di tempat-tempat yang diperlukan (seperti pintu masuk, ruang meeting, pintu lift, dll)

3. Physical Distancing dalam semua aktivitas kerja

Menjaga jarak menjadi salah satu upaya yang paling ditekankan untuk mencegah penularan Covid-19, pun di lingkungan kantor. Pengaturan jarak antar pekerja minimal 1 meter pada setiap aktivitas kerja (pengaturan meja kerja/workstation, pengaturan kursi saat di kantin, dll).

4. Mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)

Kampanye Germas ini dilakukan melalui pola hidup sehat dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di tempat kerja, meliputi:

  • Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)
  • Etika batuk. Membudayakan etika batuk (tutup mulut dan hidung dengan lengan atas bagian dalam), dan jika menggunakan tisu untuk menutup batuk dan pilek, buang tisu bekas ke tempat sampah yang tertutup dan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelahnya.
  • Olahraga bersama sebelum kerja dengan tetap menjaga jarak aman, dan anjuran berjemur matahari saat jam istirahat.
  • Makan makanan dengan gizi seimbang
  • Hindari penggunaan alat pribadi secara bersama seperti alat sholat, alat makan, dan lain lain.**(Feb)

Leave a Reply