Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, November 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Rahasia Perusahaan Mampu Bertahan dan Sukses

Topcareer.id-Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, salah satu kunci perusahaan maupun industri sukses adalah dengan memiliki Sumber Daya Manusia atau Human Resources (SDM/HR) yang kompeten.

“Salah satu kunci perusahaan dan industri berjalan dengan baik yakni SDM-SDM memiliki kompetensi. Ini (kompetensi-red), akan meningkatkan kinerja bagi perusahaan dan meningkatkan produktivitas jika semua ditangani praktisi SDM atau HR yang memiliki kompetensi,” kata Menaker di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (10/11/2020).

Bahkan berdasarkan Surat Edaran(SE) Menaker Nomor 5 Tahun 2019, bagian SDM ini haruslah memiliki kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Baca Juga: Ini Upaya Pemerintah Tingkatkan Kualitas SDM Indonesia

Dimana SKKNI ini dikembangkan melalui konsultasi dengan industri terkait, untuk memastikan kesesuaian kebutuhan di tempat kerja dengan melakukan pelatihan kerja, melakukan asesmen (penilaian) keluaran pelatihan, serta asesmen tingkat keterampilan dan keahlian terkini yang dimiliki oleh seseorang.

Selain itu, dalam surat yang ditujukan kepada para Gubernur dan Bupati itu, Kemnaker sebagai instansi pembina teknis di bidang Manejemen SDM akan memberlakukan wajib sertifikasi kompetensi ini bagi pekerja yang telah menduduki jabatan bidang manajemen SDM/HRD 2 tahun sejak diterbitkannya surat edaran tersebut, yakni pada tanggal 22 Juli 2019.**(RW)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply