Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, November 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

WHO: Soal Gotong Royong Hadapi Pandemi, Semua Negara Diminta Contoh Indonesia

Topcareer.id – Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebutkan ada 3 negara yang patut dijadikan contoh dalam hal penangganan virus corona.

“Saya mendorong semua negara untuk bisa belajar dari pengalaman Thailand, Afrika Selatan dan Indonesia, dan untuk bekerja sama menekan virus ini hari ini. Kita bisa menyelamatkan nyawa dan mengakhiri pandemi ini bersama-sama,” ujarnya secara virtual, Jumat (6/11/2020).

Apresiasi ini diberikan berkaitan dengan komitmen Indonesia dalam melakukan Intra-Action Review (IAR) dan menindaklanjutinya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto mengatakan, pihaknya bahkan sampai mendatangkan 138 pemangku kepentingan multisektoral untuk melakukan review terhadap kegiatan penanggulangan COVID-19 tersebut.

“Keterlibatan pemangku kepentingan multi-sektoral dalam kajian ini sangat penting dalam mendapatkan pandangan multi-perspektif tentang tanggapan COVID-19 di Indonesia. Dan hasil rekomendasi IAR ini akan digunakan dalam revisi rencana operasional sektor kesehatan COVID-19 di tingkat nasional dan sub-nasional, serta dalam memperbarui Platform Mitra COVID-19,” tambahnya.

Diketahui IAR di Indonesia mencakup 9 pilar utama penanggulangan COVID-19, yang terdiri dari komando dan koordinasi; komunikasi risiko dan pemberdayaan masyarakat; pengawasan, tim respon cepat, dan investigasi kasus; titik masuk, perjalanan internasional, dan transportasi; laboratorium; pengendalian infeksi; manajemen kasus; dukungan operasional dan logistik; dan memelihara layanan dan sistem kesehatan,**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply