Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, December 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Rumus Hilangkan Covid-19 : 3M+3T-3K

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Sejatinya untuk menghentikan penyebaran virus corona, perlu adanya sinergi antara pemerintah dan masyarakat. Karena virus yang telah membuat 1,2 juta orang meninggal itu hanya bisa dilawan jika kedua unsur itu bersatu.

Dikutip dari Siagacorona.com, Kamis (12/11/2020), upaya memberantas covid ini pun bisa dilakukan dengan rumus 3M+3T-3K.

Dalam 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan), masyarakat atau individu itu sendirilah yang akan berperan. Semua lapisan masyarakat harus sadar untuk selalu menggunakan masker dengan cara yang benar dan bahan yang direkomendasikan oleh WHO.

Kemudian, masyarakat juga diminta untuk menjaga jarak minimal 1 meter, baik di dalam maupun di luar ruangan, terutama ketika sedang berbincang, makan atau kegiatan lain yang mengharuskan berkumpul.

Baca juga: Tips Menyusui Bayi dengan Aman selama Pandemi COVID-19

Dan terakhir, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun selama minimal 40 detik.

Sedangkan untuk 3T (testing, tracing, dan treatment) ini, pemerintah diharapkan dapat melakukan testing PCR minimal 40 ribu orang per hari untuk menemukan kasus positif Covid-19 dan men-tracing atau melacak minimal 80% atau 30 orang per kasus yang pernah berkontak erat dengan pasien yang dinyatakan positif.

Kemudian orang-orang tersebut harus mendapat treatment seperti isolasi mandiri/terpusat, paling lambat 2 hari sejak teridentifikasi dalam tracing, untuk memotong mata rantai penularan.

Setelah melakukan 3M dan 3T, sekarang menjadi tugas bersama untuk menghindari 3K yakni menjauhi kerumunan dan berlama-lama melakukan kontak erat, baik dengan keluarga, kerabat maupun orang asing yang baru ditemui.

Selain itu, dalam 3K ini kita dihimbau untuk mengurangi aktivitas di kamar atau ruang tertutup. Jika terpaksa, pastikan kamu membuka pintu, jendela dan mematikan pendingin ruangan.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply