Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

India Mulai Gunakan Bantuan Robot dalam menangani Pasien COVID-19

Sumber foto: inventiva.co.in

Topcareer.id – India telah mulai menggunakan robot di beberapa Rumah Sakit-nya untuk menghubungkan pasien dengan orang yang mereka cintai, dan membantu petugas medis.

Invento Robotics, yang berbasis di Bangalore, telah merancang tiga robot untuk melakukan tugas-tugas mulai dari mendisinfeksi permukaan, hingga menjawab pertanyaan pasien dan memungkinkan konsultasi video dengan dokter.

Dari delapan perusahaan yang sejauh ini telah diterapkan, model yang paling populer adalah “Mitra,” yang berarti teman dalam bahasa Hindi dan harganya sekitar USD 10.000. Mitra dilengkapi dengan teknologi pengenalan wajah, robot tersebut dapat mengingat nama dan wajah pasien yang berinteraksi dengannya.

Mitra dapat menjelajahi rumah sakit secara mandiri, membantu pasien terhubung dengan keluarga dan dokter melalui kamera dan layar video yang dipasang di dadanya.

Baca juga: 6 Hal yang Paling Penting Dilakukan selama Pandemi Covid-19

“Mitra bisa menjadi perawat atau asisten dokter, mengambil bacaan dan tanda vital, mengingatkan mereka tentang pengobatan,” kata Balaji Viswanathan, CEO Invento Robotics.

Dia mengatakan robot mirip manusia itu telah terhubung dengan pasien dan mendapatkan kepercayaan mereka. Rumah Sakit Yatharth di kota Noida, India utara, telah mengerahkan dua robot Mitra. Satu di pintu masuknya untuk menyaring pasien dari gejala virus corona dan yang lainnya di unit perawatan intensif.

“Di dalam ICU, Mitra membantu pasien terhubung dengan keluarga mereka melalui aliran video dan memberikan akses keluarga pasien untuk melihat ke dalam,” kata direktur rumah sakit Kapil Tyagi.

“Pasien merasa senang dan positif setiap kali robot mengunjungi mereka. Mereka sering berfoto selfie dengan Mitra,” tambahnya.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply