Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Penangguhan Uji Klinis Vaksin Sinovac di Brasil Jadi Bahan Evaluasi untuk Indonesia

Foto Ilustrasi vaksin covid-19

Topcareer.id – Pemerintah Indonesia terus mengikuti perkembangan uji klinis vaksin Covid-19 yang dilakukan di dalam negeri, maupun yang di luar Indonesia. Termasuk perkembangan uji klinis vaksin Sinovac di Brasil.

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, dalam temuan uji klinis vaksin di Brasil itu akan menjadi masukan dan evaluasi terhadap pengembangan vaksin yang dilakukan di dalam negeri.

“Saat ini kandidat vaksin Covid-19 yang akan digunakan, sedang berada pada tahap uji klinis. Vaksin baru dapat diproduksi dan digunakan setelah lolos uji klinis tahap 3, dan memperoleh emergency use of authorization atau EUA dari Badan POM,” kata Prof Wiku menjawab pertanyaan wartawan dalam konferensi pers virtual, Kamis (12/11/2020).

Sementara itu, terkait pengembangan vaksin Covid-19 milik Pfizer yang diklaim memiliki efektivitas mencegah Covid-19 hingga lebih dari 90%, pemerintah Indonesia sendiri terbuka atas kandidat vaksin yang kelak cocok dan efektif untuk Indonesia.

Namun, kata Wiku, tetap penting untuk mempertimbangkan berbagai aspek pendukung, dan aspek kandidat vaksin tersebut. Wiku juga mengingatkan bahwa penanganan Covid-19 membutuhkan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, sektor swasta, serta lembaga internasional.

“Kolaborasi ini nantinya akan semakin meningkatkan efektivitas penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia,” ujar Wiku.**(Feb)

Leave a Reply