Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Pasar Saham Asia Kembali Bergerak Naik Akibat Adanya Harapan dari Vaksin Covid-19

Bursa Efek Indonesia

Topcareer.id – Pasar saham Asia telah bergerak lebih tinggi di tengah kabar baik tentang vaksin yang efektif untuk Covid-19.

Indeks Nikkei 225 Jepang dibuka lebih dari 1,5% lebih tinggi, mencapai level tertinggi dalam hampir 30 tahun terakhir.

Hang Seng Hong Kong dibuka 1,8% lebih tinggi sementara di China, Shanghai Composite, juga mengalami kenaikan dalam perdagangan pagi.

Pasar saham di Singapura, Korea Selatan dan Australia juga berada di teritori positif.

“Saham Jepang terlihat reli untuk sesi keenam berturut-turut, setelah pasar AS meroket di tengah berita bahwa vaksin yang dikembangkan Pfizer dan BioNTech 90% efektif dalam melindungi terhadap infeksi Covid-19,” kata juru bicara Okasan Online Securities.

Baca Juga: Menko Airlangga: Tren Perekonomian Indonesia Sudah Positif

Saham Pfizer terangkat sebanyak 11% sementara saham BioNTech naik 12%. Di Jepang, saham pembuat mobil Toyota dan peritel fesyen Uniqlo keduanya naik lebih dari 2% pada hari Selasa (10/11).

Namun perusahaan game melihat harga saham mereka mengarah ke arah lebih rendah, dengan kemungkinan diakhirinya lockdown yang selama ini telah mendorong aksi penjualan game. Nintendo turun lebih dari 5%, sementara Sony merosot sebanyak 2%.

Sementara investor dalam suasana hati yang gembira, beberapa pengamat menyerukan agar tetap berhati-hati.

“Kami masih jauh untuk keluar dari kesulitan,” kata Agathe Demarais, direktur peramalan global di Economist Intelligence Unit (EIU).

“Kemungkinan akan ada kemacetan pada proses pembuatan vaksin, dan mengalokasikan suntikan untuk seluruh dunia akan rumit dan mahal,” tambahnya.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply