Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, December 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

5 Hobi yang Bisa Tingkatkan Kreativitas dan Kinerjamu di Kantor

Ilustrasi. (dok. NYPost)

Topcareer.id – Hobi bukan hanya cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Penelitian menunjukkan bahwa kegiatan yang agak kreatif seperti merajut, memasak, atau fotografi sebenarnya meningkatkan kinerjamu di kantor.

Pilihlah hobi yang tepat, sehingga kamu bisa meningkatkan kreativitas dan kekuatan otak yang bermanfaat bagi dirimu.

Berikut ini beberapa hobi yang direkomendasikan beserta dengan penjelasan sainsnya.

1. Olahraga

Olah raga lari (Dok. iStock)

Tidak mengherankan bahwa menjaga kebugaran telah terbukti memiliki banyak manfaat baik, mulai dari membantu menjadikan seseorang pemimpin yang lebih baik hingga meningkatkan kreativitas. Pergi ke gym akan membuatmu lebih pintar. Olahraga di gym bisa meningkatkan memori pengenalan objek dan kemampuan untuk membedakan keakraban objek yang ditemui sebelumnya serta melepaskan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, suatu protein yang terkait dengan manfaat kognitif seperti memori jangka panjang.

2. Bermain alat musik

Dok. Getty Images

Memainkan gitar bukan sekadar cara kreatif, ini juga merupakan latihan otak yang meningkatkan keterampilan kognitif dan pencapaian akademis dengan mempromosikan pengembangan fungsi eksekutif. Sebuah penelitian di Australia menunjukkan bahwa “pembuatan musik informal di rumah sejak seseorang berusia sekitar 2 dan 3 tahun dapat mengarah pada literasi, numerasi, keterampilan sosial, dan pengaturan perhatian serta emosi yang lebih baik pada usia 5 tahun.

3. Bermain video game

Bermain games

Ini cukup mengejutkan bagi sebagian orang. Main video game selalu dicemooh sebagai kegiatan yang mematikan pikiran. Padahal bermain video game benar-benar mengembangkan memori kerja dan meningkatkan navigasi spasial dan kinerja motorik. Bermain video game juga cara yang baik untuk melatih dirimu dalam membuat keputusan di bawah tekanan.

4. Belajar bahasa baru

Sumber foto: ToughtCo
Foto Ilustrasi

Belajar bahasa tidak hanya berguna untuk bepergian ke luar negeri. Mempelajari bahasa asing juga dapat memperlambat penuaan otak dan memiliki efek positif pada kognisi di kemudian hari. Seorang individu yang menguasai bebrapa bahasa asing cenderung lebih baik dalam memecahkan teka-teki, perencanaan, dan manajemen tugas. Otak mereka telah terlatih saat beralih antar bahasa.

5. Membaca

Membaca Buku

Ini mungkin pilihan lain yang terdengar jelas, tetapi banyak orang masih meremehkan manfaat kuat dari mambaca buku. Membaca buku atau koran harian bisa meningkatkan secara signifikan konektivitas di korteks temporal kiri otak, sebuah area yang terkait dengan penerimaan bahasa.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply