Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Indonesia Sepakati Dukungan Finansial dari Australia untuk Perangi Covid-19

Contoh hasil rapid test corona. (dok. ANTARA FOTO/Jojon/foc.)

Topcareer.id – Sepakat kerja sama untuk menanggulangi pandemi Covid-19, pemerintah Indonesia tanda tangani kesepakatan dukungan finansial senilai AUD 1,5 miliar atau sekitar Rp 15 triliun dari Pemerintah Australia yang dapat dibayarkan kembali selama 15 tahun.

Kesepakatan antara Australia dan Indonesia ini dibangun khususnya dalam memerangi virus corona. Dukungan ini juga dalam rangka mendukung Program Covid-19 Active Response and Expenditure Support (CARES), yang diorganisir oleh Asian Development Bank (ADB).

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengapresiasi komitmen berkelanjutan dan kemitraan antara Indonesia dan Australia, yang dapat memperkuat hubungan antar keduanya. Dukungan finansial ini untuk mendukung pembiayaan anggaran Indonesia di tahun 2020, yang berfokus pada pengendalian krisis akibat Covid-19 dan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Hal ini sangat penting, terutama pada saat menghadapi tantangan pandemi Covid-19 dalam lingkup global. Kita semua memahami bahwa pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat menantang bagi kita semua,” kata Menkeu dalam siaran pers, Kamis (12/11/2020).

Instrumen fiskal menjadi salah satu instrumen kebijakan terpenting ketika perekonomian dan masyarakat terpukul akibat pandemi covid, baik untuk mendukung bidang kesehatan, jaring pengaman sosial bagi masyarakat, maupun demi mendukung dunia usaha.

“Jadi semua bagian dari masyarakat terdampak oleh Covid-19. Di sinilah peran kebijakan fiskal bersama dengan instrumen lain seperti kebijakan moneter untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan selama masa yang sangat sulit ini,” jelas Menkeu.

Dalam konteks tersebut, Menkeu menambahkan persahabatan dan kemitraan Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia menggarisbawahi tidak hanya hubungan yang kuat, tetapi juga memberi pemahaman sebagai negara tetangga yang memiliki tujuan untuk memulihkan dan mengatasi bersama dampak pandemi Covid-19.

“Kami sangat menghargai dukungan dari pemerintah Australia dan saya berharap kedua negara pulih dengan sangat kuat dan segera dari Covid-19 ini, sehingga kita dapat bertemu satu sama lain secara fisik,” tutup Menkeu.

Dukungan finansial dari Pemerintah Australia kepada Indonesia ini diberikan bukan saja karena Indonesia memiliki catatan manajemen fiskal yang penuh kehati-hatian, tapi juga saat ini adalah momen yang luar biasa untuk dihadapi bersama-sama.

Dukungan finansial ini mencerminkan keyakinan pemulihan perekonomian Indonesia dan kesejahteraan yang berkelanjutan, yang sangat penting dalam menciptakan stabilitas di wilayah Australia dan Indonesia.**(Feb)

Leave a Reply