Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

5 Ide Tren Berwisata di Era New Normal Pandemi menurut Kemenpar

Ilustrasi. (dok. Timetac)

Topcareer.id – Menjelang libur akhir tahun dan masih di masa pandemi, berwisata tetap bisa dilakukan, bahkan memunculkan tren baru. Ada beberapa tren baru berwisata di era new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru, staycation salah satunya.

Dilansir dari website Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berikut beberapa jenis kegiatan wisata yang mulai digemari di masa pandemi Covid-19.

1. Staycation

Staycation merupakan gaya liburan yang dekat dengan daerah sendiri, atau kata lainnya dekat dengan rumah. Misalnya, berlibur menghabiskan waktu di hotel yang telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Biasanya, staycation menjadi pilihan aman keluarga yang ingin berlibur di masa pandemi. Ingat juga untuk menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan hidup bersih.

2. Voluntourism

Aktivitas berwisata yang memberikan manfaat bagi masyarakat di destinasi setempat, seperti mengajar baca tulis, atau membersihkan area pantai dari sampah. Pada dasarnya, voluntourism menggabungkan kegiatan jalan-jalan dengan aktivitas volunteer, di mana akan selalu membawa manfaat bagi lingkungan sekitar destinasi.

Baca juga: Yuk, Terapkan Gaya Hidup Sehat di Rumah selama Pandemi

3. Virtual Tourism

Ini merupakan tren berwisata yang dilakukan melalui pemanfaatan teknologi digital sehingga penikmat wisata dapat melakukan aktivitas wisatanya, tanpa harus datang langsung ke destinasi yang ditujunya.  Tren ini marak, bahkan di awal-awal masa pandemi di mana orang sudah mulai jenuh di rumah, namun tetap ingin ‘berkeliling’ tempat wisata.

4. Wisata alam

Kegiatan perjalanan yang dilakukan secara individu atau berkelompok ke tempat tertentu, baik dengan tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari daya tarik alam dengan pemanfaatan sumber daya alam, baik alami maupun budidaya.

5. Road trip

Istilah yang digunakan saat seseorang atau sekelompok orang melakukan perjalanan liburannya dengan mengendarai mobil. Road trip semakin digemari oleh penikmat wisata agar terhindar dari risiko penularan Covid-19 saat pandemi tak kunjung berakhir.**(Feb)

Leave a Reply