Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, December 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Studi: 2 Video Game Ini Tingkatkan Kesehatan Mental

Topcareer.id – Menurut sebuah studi ilmiah yang menggunakan data industri perusahaan game, bermain video game ternyata dapat meningkatkan kesehatan mental dan membuatmu merasa lebih bahagia.

Penelitian oleh Universitas Oxford menganalisis efek dari memainkan dua video game populer, yakni Animal Crossing: New Horizons dari Nintendo dan Plants vs Zombies: Battle for Neighborville dari Electronic Arts.

Ditemukan bahwa waktu yang dihabiskan untuk bermain game dikaitkan dengan laporan pemain yang menyatakan bahwa mereka merasa lebih bahagia.

Tetapi, penelitian tersebut terbatas pada dua judul tersebut, dan para peneliti tidak secara eksplisit menyimpulkan bahwa peningkatan waktu bermain adalah penyebab peserta mengalami kesehatan mental yang lebih baik.

“Temuan kami menunjukkan bahwa video game tidak selalu buruk bagi kesehatanmu, ada faktor psikologis lain yang memiliki pengaruh signifikan pada kesejahteraan seseorang,” kata Andrew Przybylski, Direktur Riset di Oxford Internet Institute dan penulis utama studi tersebut, dikutip dari CNN.

“Faktanya, bermain bisa menjadi aktivitas yang berhubungan secara positif dengan kesehatan mental orang, dan mengatur video game bisa mengurangi keuntungan dari pemain.”

Studi tersebut menggunakan data dan tanggapan survei dari 518 pemain Plants vs. Zombies dan 2.756 pemain Animal Crossing: New Horizons.

Leave a Reply