Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, November 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Seberapa Penting Vaksin Covid-19?

Vaksin. Dok/Pixabay

Topcareer.id – Hingga detik ini, semua negara di dunia tengah berupaya menciptakan, mengembangkan dan memproduksi vaksin yang dapat menangkal virus corona.

Vaksin ini merupakan produk biologi yang berisi antigen yang bila diberikan kepada seseorang, maka dapat menimbulkan kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu.

Selain memberikan kekebalan pada diri sendiri, ternyata vaksin ini juga bisa membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) apabila cakupan imunisasinya tinggi dan merata.

Ini artinya, semakin banyak orang yang divaksinisasi, maka semakin kecil pula penularan penyakit yang berasal dari virus SARS-CoV-2.

Baca juga: Fantastis, Biaya Pengobatan Pasien Covid-19 Sekitar Rp 184 Juta

Berkaca dari pengalaman yang telah lalu, sejak ditemukannya vaksin, sejumlah penyakit mematikan dan dapat membuat kelumpuhan menjadi sangat jarang atau punah.

Selain itu, data dari WHO juga menunjukkan dalam per tahun, 2 sampai 3 juta jiwa di dunia terselamatkan berkat vaksin yang ditemukan.

Semua vaksin yang akan diedarkan ke masyarakat ini pun sudah melalui uji keamanan dengan efektivitas yang ketat, termasuk uji klinis sebelum disetujui untuk diproduksi dan dapat digunakan.

Yang perlu diingat, meskipun vaksin ini dapat meminimalisir penyebaran Covid-19, akan lebih baik jika masyarakat juga tetap menerapkan protokol kesehatan seperti 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply