Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, December 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Tantangan dalam Mengembangkan Vaksin Covid-19

Ilustrasi. Dok/Covid-19

Topcareer.id – Vaksin Covid-19 mungkin merupakan harapan terbaik untuk mengakhiri pandemi. Saat ini, para peneliti berlomba untuk membuatnya.

Virus Corona adalah keluarga virus yang menyebabkan penyakit seperti flu biasa, sindrom pernapasan akut parah (SARS), dan sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS). Covid-19 disebabkan oleh virus yang berkerabat dekat dengan penyebab SARS. Karena alasan inilah, para ilmuwan menamai virus baru SARS-CoV-2.

Meskipun pengembangan vaksin dapat memakan waktu bertahun-tahun, para peneliti tidak memulai dari awal untuk mengembangkan vaksin Covid-19. Penelitian sebelumnya tentang vaksin SARS dan MERS telah mengidentifikasi pendekatan potensial.

Virus corona memiliki struktur runcing di permukaannya yang disebut protein S, yang menempel pada permukaan sel manusia. Vaksin yang menargetkan protein ini memungkinkan untuk mencegah mengikat sel pada manusia dan menghentikan reproduksi virus.

Tantangan vaksin virus corona
Penelitian sebelumnya tentang vaksin untuk virus Corona juga telah mengidentifikasi beberapa tantangan dalam mengembangkan vaksin Covid-19, seperti:

Memastikan keamanan vaksin
Beberapa vaksin telah diujicobakan pada hewan. Sebagian besar vaksin meningkatkan kelangsungan hidup hewan tetapi tidak mencegah infeksi. Beberapa vaksin juga menyebabkan komplikasi, seperti kerusakan paru-paru. Vaksin Covid-19 perlu diuji secara menyeluruh untuk memastikannya aman bagi manusia.

Memberikan perlindungan jangka panjang
Setelah terinfeksi virus corona, ada risiko infeksi ulang dengan virus yang sama. Meskipun biasanya ringan dan hanya terjadi pada sebagian kecil orang, hal ini mungkin terjadi setelah jangka waktu berminggu-minggu hingga bertahun-tahun. Vaksin Covid-19 yang efektif perlu memberi orang perlindungan infeksi jangka panjang.

Melindungi orang tua
Orang yang berusia di atas 50 tahun berisiko lebih tinggi terkena Covid-19 parah. Vaksin Covid-19 yang ideal harus bisa bekerja dengan baik untuk kelompok usia ini.

Jalur untuk mengembangkan dan memproduksi vaksin Covid-19
Otoritas kesehatan global dan pengembang vaksin saat ini bermitra untuk mendukung teknologi yang dibutuhkan untuk memproduksi vaksin.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply