Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, December 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini yang Dilakukan Google untuk Mengembalikan Produktivitas Karyawan Pasca Pandemi Covid-19

Salah satu kantor Google di China. (dok, Abacus News)

Topcareer.id – Chief Financial Officer Alphabet, Ruth Porat, mengatakan bahwa perusahaan Google kembali me-review tingkat produktivitas pra-pandemi dari para karyawannya melalui pelatihan kepemimpinan dan survei karyawan.

“Apa yang kami lihat pada hari-hari awal Covid, kami melihat sedikit penurunan produktivitas, khususnya di tingkat junior.” Porat mengatakan pada konferensi DealBook New York Times Rabu (18/11). “Hal itu mengatakan kepada kami, yang sebenarnya kami butuhkan adalah melipatgandakan pelatihan apa yang dibutuhkan para pemimpin senior untuk membantu lebih banyak junior mereka.” Kata Porat.

Menurutnya karyawan Google mengalami lonjakan nyata dalam pelatihan G2G, yang disebut sebagai pelatihan Google-to-Google.

Porat mengatakan perusahaan telah melakukan banyak “survei” untuk melihat apa yang penting bagi karyawan, dan memungkinkan mereka menilai produktivitas mereka sendiri. Porat menambahkan bahwa perusahaan telah menambahkan pertemuan tim yang lebih terperinci dan lebih sering terlibat dengan karyawan, serta bekerja lebih banyak dengan kelompok sumber daya karyawan.

“Kami merasa lebih dekat terhubung sekarang dan masukannya terasa seperti kami telah menjalani perjalanan panjang di Google ini dan kami berada di posisi yang sangat bagus di mana sentimen Karyawan Google kuat.” Ujarnya.

Porat memimpin respons krisis perusahaan terhadap pandemi dan meminta karyawan Google bersiap untuk bergerak selama “momen besar”. Perusahaan tersebut adalah salah satu yang pertama memerintahkan karyawan untuk bekerja dari rumah.

Porat bersandar pada pengalamannya dengan manajemen krisis ekonomi dalam perannya sebelumnya di Wall Street. “Dalam krisis, Anda menghadapi pilihan paling tidak terburuk,” katanya. “Bagi Google, itu adalah kekuatan baru karena Google benar-benar memiliki opsi terbaik untuk sebagian besar hidupnya.”

Selama musim panas, Google memperpanjang opsi kerja sukarela dari rumah hingga musim panas 2021, tetapi para eksekutif sejak itu mengatakan bahwa mereka sedang mengerjakan survei yang menunjukkan karyawan ingin kembali ke kantor pada suatu saat, tetapi tidak setiap hari.

Menurut Porat, perencanaan untuk kembali ke kantor telah “jauh lebih rumit” daripada memindahkan semua orang untuk bekerja dari rumah. Dia mencatat itu akan memiliki langkah-langkah keamanan serta mencoba untuk mempertahankan keunikan, budaya menyenangkan dan kolaboratif.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply