Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Virus Corona Mengancam, Begini Cara Disinfeksi secara Aman

Dok/Atalian.id

Topcareer.id – Di tengah pandemi ini, semua masyarakat melakukan berbagai macam cara guna meminimalisir penyebaran virus corona. Salah satunya dengan disinfeksi, suatu upaya untuk mengurangi atau menghilangkan jumlah mikro-organisme patogen penyebab penyakit dengan cara fisik dan kimiawi.

Dikutip dari Covid19.go.id, pada Kamis (19/11/2020), Ketua Umum Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI), Profesor Arif Sumantri menjelaskan ada beberapa langkah melakukan disinfeksi secara aman.

“Pertama, memakai masker. Ini penting karena beberapa jenis disinfektan dapat menimbulkan gangguan pernafasan,” ujarnya.

Selain itu, Arif juga merekomendasi untuk menggunakan baju khusus untuk melindungi tubuh, mencuci tangan dan menggunakan pelindung tangan saat melakukan penyemprotan.

“Terakhir cuci tangan yang bersih. Dan diharuskan pakai sarung tangan karena desinfektan itu mempunyai zat yang bisa menimbulkan iritasi kulit atau juga menimbulkan bau, atau bisa juga menimbulkan sesuatu yang berkaitan pada tubuh kita,” tambahnya.

Kemudian, yang tidak kalah penting setelah disinfeksi dilakukan adalah menanamkan budaya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), seperti rajin mencuci tangan dengan sabun serta membuat sanitasi yang baik.

“Apabila disinfeksi sudah dilakukan tetapi PHBS tidak diterapkan dan sanitasi buruk, maka proses pembersihan mikroorganisme itu tidak akan efektif karena dapat kembali hadir baik karena pertumbuhan atau ada pembawa yang menempelkannya. Jadi tetap ada ancaman mikroorganisme seperti di benda-benda mati yang sering dipegang tangan banyak orang,” pungkas Arif.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply