Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, November 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Dua Pilot Ini Pecahkan Rekor Dunia Terbang Tanpa Mendarat Selama Dua Bulan

Topcareer.id – Bob Timm dan John Cook mencetak rekor ketahanan dunia dengan tetap mengudara selama sekitar dua bulan menggunakan pesawat Cessna 172.

Mereka terbang 24 jam sehari, bahkan tanpa mendarat untuk membeli bahan bakar. Itulah yang dilakukan dua pilot pada tahun 1958 tersebut di atas gurun California dan Nevada. Penerbangan itu disponsori oleh Hotel Hacienda di Las Vegas.

Timm yang bekerja di Hacienda, memiliki hasrat untuk terbang, bersama dengan mimpinya untuk mencetak rekor dunia dengan tetap mengudara lebih lama daripada pilot lain dalam sejarah. Dia meyakinkan bosnya untuk mensponsori penerbangan tersebut, dengan alasan itu akan membawa banyak publisitas ke hotel.

Pesawat Cessna 172 pun dibeli, kemudian dimodifikasi untuk penerbangan khusus itu. Meskipun mesin Continental, dua sistem oli, filter, dan tangki bahan bakar berkapasitas 95 galon dipasang. Oli bisa diganti dan pesawat mengisi bahan bakar sambil terbang.

Baca Juga: Sering Keliru, Ini Perbedaan Pilot dan Co-Pilot

Mengisi bahan bakar dan memasok pesawat adalah bagian yang sulit. Dua kali sehari, pesawat itu diterbangkan dengan rendah tepat di atas truk yang sedang melaju dengan selang yang dinaikkan untuk memompa 95 galon avgas ke dalam tangki pesawat. Makanan, air, dan persediaan lainnya juga diangkat dari truk.

Pada 4 Desember 1958, pasangan itu terbang meninggalkan Bandara McCarran di Las Vegas untuk mengejar impian mereka. Segera setelah lepas landas, mereka terbang rendah di atas mobil yang melaju kencang sementara seseorang dengan roller cat raksasa mengoleskan cat putih khusus pada ban pesawat. Ini akan memberikan bukti bahwa pilot tidak mendarat pada malam hari di bandara yang jauh untuk istirahat atau malakukan perbaikan.

Ada autopilot, tapi Bob dan John harus terbang dan tidur bergiliran. Pergeseran empat jam tampaknya bekerja dengan baik. Mereka memiliki radio untuk berbicara dengan mekanik di markas mereka dan juga berbicara dengan keluarga di rumah.

Kebosanan dan kelelahan adalah masalah terbesar. Suatu malam, kedua pria itu tertidur selama lebih dari 2 jam. Pesawat, dengan autopilot melanjutkan ke selatan sampai hampir di wilayah udara Meksiko sebelum akhirnya Timm bangun dan mengubah arah.

Pada sekitar hari ke 40, pemanas dalam pesawat mati. Mereka membungkus diri dengan selimut selama beberapa hari, sampai sesuatu dapat dihantarkan ke pesawat untuk memperbaiki masalah tersebut.

Saat akhir penerbangan semakin dekat, Bob dan John mulai memeriksa pekerjaan satu sama lain. Rekor sebelumnya adalah 50 hari. Saat hari itu berlalu, mereka memutuskan untuk memperpanjang penerbangan mereka selama mungkin, akhirnya mendarat dua minggu kemudian.

Pada saat itu, mesin sudah mulai berkarbon dan kehilangan begitu banyak tenaga. Itu adalah pencapaian luar biasa bagi manusia dan mesin pesawat di dunia dalam waktu 64 hari dan 22 jam di udara tanpa sekalipun mendarat.

Kedua pilot kini telah meninggal. Bob Timm meninggal secara pada tahun 1978 dan John Cook meninggal pada tahun 1995. Sementara itu Pesawat Cessna 172 yang mereka terbangkan sekarang tergantung di langit-langit Bandara Internasional McCarran, AS.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply