Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 11, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Jangan Suka Panaskan Makanan-makanan Ini, Bahaya!

Ilustrasi Spencer Wing/Pixabay

Topcareer.id – Perut lapar sering menggoda kita untuk mengecek makanan di dapur. Kadang, kita juga suka memanaskan lauk biar makannya bisa nikmat.

Eits, tapi enggak semua makanan bisa dipanaskan lho. Beberapa makanan di bawah ini mending dimakan apa adanya deh, daripada nanti kamu sakit perut.

Daging ayam dan telur
Daging ayam punya protein yang lebih tinggi ketimbang daging merah, lho. Memanaskannya akan membuat protein terpecah, yang nantinya bisa mengganggu perut kamu.

Selain itu, memanaskan telur dalam suhu tinggi juga bisa membuatnya jadi berbahaya bagi pencernaan. Jadi, selama matang, lebih baik dimakan apa adanya saja.

Bayam
Beberapa sayuran berdaun seperti bayam memiliki konsentrasi nitrat yang tinggi apabila dipanaskan. Dikhawatirkan, nitrat akan terkonversi menjadi nitrit, dan berubah menjadi nitrosamin, yang banyak dipercaya sebagai penyebab kanker.

Jamur
Protein jamur mudah hancur oleh enzim dan mikroorganisme, sehingga bisa cepat membusuk jika tidak disimpan dengan benar. Karena itu, jika dipanaskan ulang, akan ada risiko dimana jamur bisa bikin kamu sakit perut.

Jika ingin dipanaskan, kamu bisa menyimpannya terlebih dahulu di lemari es selama tidak lebih dari 24 jam. Ketika dipanaskan, suhunya sekitar 70 derajat celcius saja ya.

Nasi dan kentang
Saat nasi berada pada suhu kamar, ada risiko di mana spora bisa berkembang dan menghasilkan racun yang membuat kamu mengalami diare.

Sementara kentang, ketika berada dalam suhu kamar dalam waktu yang lama, bisa menyebabkab adanya pertumbuhan Clostridium Botulinum (Botulism).

Pemanasan ulang keduanya tidak akan mampu mengatasi masalah tersebut. Jadi, lebih baik masak secukupnya, dan segera habiskan ya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply