Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, January 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Memelihara Anjing Bikin Panjang Umur, Ini Penjelasannya

Ilustrasi. (dok. The Dogington Post)

Topcareer.id – Memiliki pendamping atau memelihara seekor anjing bisa baik untuk kesehatan. Faktanya, dua studi dan analisis yang diterbitkan dalam Circulation: Cardiovascular Quality and Outcome, sebuah jurnal ilmiah dari American Heart Association, anjing dapat membantumu hidup lebih lama dan lebih sehat.

Studi menemukan bahwa, secara keseluruhan, pemilik anjing cenderung hidup lebih lama daripada bukan pemilik. Dan mereka sering kali pulih lebih baik dari peristiwa kesehatan besar seperti serangan jantung atau stroke, terutama jika mereka hidup sendiri.

Beberapa berita menarik bagi pemilik anjing:

  • Penyintas serangan jantung yang tinggal sendiri memiliki risiko kematian yang lebih rendah jika mereka memiliki anjing, sedangkan korban yang tinggal bersama orang lain (pasangan atau anak) hanya memiliki risiko lebih rendah dari terserang penyakit jantung.
  • Penyintas stroke yang tinggal sendiri memiliki risiko kematian yang lebih rendah jika memiliki anjing, sedangkan penderita stroke yang tinggal dengan orang lain (pasangan atau anak) hanya memiliki penurunan risiko dari terkena stroke.
  • Pemilik anjing lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena serangan jantung atau stroke dibandingkan pemilik non-anjing.

Bergerak lebih banyak, kurangi stres
Berinteraksi dengan anjing dapat meningkatkan produksi “hormon bahagia” seperti oksitosin, serotonin, dan dopamin.

Hal ini dapat meningkatkan perasaan sejahtera dan membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol. Dan memelihara anjing dapat membantu menurunkan tekanan darah serta kolesterol, meredakan depresi, dan meningkatkan kebugaran.

Studi menunjukkan bahwa orang yang rutin mengajak anjingnya jalan-jalan akan mendapatkan lebih banyak olahraga daripada mereka yang tidak.

Dan ada bonusnya, anjing sebagai hewan peliharaan juga dapat membantu mengurangi kecemasan sosial dan memicu pemiliknya lebih banyak berinteraksi dengan manusia lain.

Mungkin itu salah satu sebabnya pemilik anjing melaporkan berkurangnya rasa kesepian, depresi, dan isolasi sosial yang mereka alami.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply