Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, January 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Ini Nih, 4 Kandungan yang Harus ada di Dalam Vaksin

Vaksin. Dok/Pixabay

Topcareer.id – Saat ini, vaksin dianggap sebagai suatu cara yang dapat memutus rantai penyebaran suatu penyakit, termasuk Covid-19.

Namun tak bisa dipungkiri, keraguan masyarakat akan manfaat dan kandungan yang ada dalam vaksin menjadi permasalahan baru. Padahal untuk bisa diproduksi secara masal, vaksin tersebut harus melawati berbagai proses guna memastikan keamanan sebelum disuntikkan ke khalayak ramai.

Mengutip situs satgas penanganan Covid-19, Jumat (27/11/2020), yuk intip kandungan vaksin secara umum.

Antigen
Semua vaksin mengandung sebuah komponen aktif (antigen) untuk menghasilkan respons imun tubuh penerimanya. Antigen ini dapat berupa virus atau bakteri yang sudah dibunuh maupun dilemahkan untuk melatih tubuh mengenali dan melawan penyakit tersebut jika terkena di masa depan.

Adjuvan
Adjuvan ini dikenal sebagai bahan pembantu yang bisa memperkuat respons imun terhadap antigen. Adjuvan sendiri dapat berupa garam aluminium (seperti aluminium fosfat, aluminium hidroksida, atau kalium aluminium sulfat) dalam jumlah sangat kecil. Tapi tenang, pemakaian garam aluminium ini telah diizinkan oleh Foods and Drugs Administration (setara dengan BPOM) karena dianggap sebagai bahan yang aman dan efektif untuk dimasukkan ke vaksin.

Pengawet
Ada beberapa jenis vaksin yang pada dasarnya membutuhkan pengawet. Hal ini berguna untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme agar vaksin tetap berfungsi dengan efektif.

Stabilisator
Terakhir adalah stabilisator yang berfungsi melindungi vaksin selama masa penimpanan dan saat didistribusikan. Umumnya, kandungan stabilisator ini terbuat dari gula (sukrosa dan laktosa) atau protein (albumin dan gelatin).**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply