Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Oktober 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

China Beri Vaksin COVID-19 untuk Kim Jong Un

Kim Jong Un. Dok/The Sun

Topcareer.id – China telah memberi pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan keluarganya vaksin virus corona eksperimental, kata seorang analis AS pada Selasa (1/12), mengutip dua sumber intelijen Jepang yang tidak disebutkan namanya.

Harry Kazianis, seorang ahli Korea Utara di Center for the National Interest di Washington, mengatakan Kim dan beberapa pejabat senior Korea Utara telah divaksinasi.

Tidak jelas perusahaan mana yang telah memasok kandidat obatnya kepada Kim beserta keluarga. Belum diketahui juga apakah itu terbukti aman.

Baca juga: Hacker Korea Utara Diduga Mencoba Membobol Sistem Vaksin AstraZeneca

“Kim Jong Un dan beberapa pejabat tinggi lainnya dalam keluarga Kim dan jaringan kepemimpinan telah divaksinasi untuk virus corona dalam dua hingga tiga minggu terakhir, berkat kandidat vaksin yang disediakan oleh pemerintah China,” tulis Kazianis dalam sebuah artikel untuk media online 19FortyFive.

Mengutip ilmuwan medis AS Peter J.Hotez, dia mengatakan setidaknya tiga perusahaan China sedang mengembangkan vaksin virus corona, termasuk Sinovac Biotech Ltd, CanSinoBio dan Sinophram Group.

Sinophram mengatakan kandidatnya telah digunakan oleh hampir satu juta orang di China, meskipun tidak ada perusahaan yang diketahui secara terbuka meluncurkan uji klinis Fase 3 dari obat COVID-19 eksperimental mereka.

Korea Utara belum mengonfirmasi infeksi virus corona, tetapi Badan Intelijen Nasional (NIS) Korea Selatan mengatakan wabah di sana tidak dapat diabaikan karena negara itu memiliki perdagangan dan pertukaran orang-ke-orang dengan China sebagai sumber pandemi, sebelum perbatasan ditutup pada akhir Januari 2020.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan