Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, January 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Kuartal Keempat Jadi Pijakan Untuk Perbaikan Ekonomi Tahun 2021

Ilustrasi: Smart Money

Topcareer.id – Dalam Focus Group Discussion (FGD), Deputi Bidang Perekonomian Setkab Satya Bhakti Parikesit menyampaikan bahwa terdapat perbaikan kinerja ekspor dari Kuartal II sebesar minus 11,7 persen menjadi minus 10,8 persen di Kuartal III.

“Dalam konteks pemulihan ekonomi nasional, memang kuartal III dan kuartal IV ini akan menjadi pijakan kita untuk perbaikan di tahun 2021,” kata Satya Bhakti Parikesit dalam siaran pers, Kamis (3/12/2020).

Menurutnya, sebagai upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi pemerintah telah mengeluarkan stimulus di berbagai sektor, termasuk sektor perdagangan.  Stimulus di sektor perdagangan meliputi  stimulus yang bersifat fiskal seperti relaksasi pajak melalui PPh 21, maupun yang bersifat non-fiskal.

“Sudah banyak stimulus-stimulus yang memang kita berikan untuk sektor perdagangan agar sektor perdagangan yang cukup terdampak dengan pandemi COVID-19 ini bisa cepat pulih dan bisa kembali memberikan kontribusi yang sehat dalam pertumbuhan ekonomi kita,” kata Bhakti.

Baca juga: Menko Airlangga Sebut Pemulihan Ekonomi Semakin Nyata

Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bhakti menilai perbaikan kinerja ekspor tersebut harus dijadikan peluang di tengah pandemi untuk memperkuat peran Indonesia dalam rantai pasok dunia (global supply chain).

“Peluang-peluang seperti ini yang memang harus bisa kita manfaatkan di dalam negeri bagaimana kita bisa memperbaiki struktur-struktur ekonomi kita secara fundamental sehingga kita bisa bersaing dan merebut pasar dari negara-negara lain,” paparnya.

Bhakti juga menjelaskan bahwa Setkab mempunyai tugas dan fungsi untuk memberikan rekomendasi yang bisa membantu perbaikan di sektor perdagangan.

“FGD hari ini bukanlah FGD yang pertama, tapi kita akan ikuti dalam rangkaian-rangkaian FGD berikutnya sehingga bisa kita kaji dan analisis secara komprehensif sehingga memang rekomendasi yang kita berikan ini bisa paripurna,” ujarnya.

FGD kali ini merupakan bagian dari rangkaian FGD mengenai reformasi struktural yang digagas oleh Kedeputian Bidang Perekonomian, Setkab.**(Feb)

Leave a Reply