Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, January 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Vaksin Sinovac Langsung Disimpan di Bio Farma Bandung

Ilustrasi Vaksin

Topcareer.id – Vaksin COVID-19 buatan Sinovac yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu (6/12/2020) malam, langsung dibawa menuju Kantor Pusat Bio Farma di Kota Bandung. Dari warehouse di terminal cargo Bandara Soekarno-Hatta, vaksin yang disimpan dalam 7 Envirotainer diangkut menggunakan tiga buah truk.

Pada Senin dini hari, 7 Desember 2020, rangkaian kendaraan pengangkut vaksin mulai berjalan menuju Bio Farma. Rangkaian kendaraan ini turut dikawal secara ketat oleh aparat keamanan.

Setelah menempuh perjalanan darat selama kurang lebih tiga jam, rangkaian kendaraan pembawa vaksin tiba di Bio Farma sekitar pukul 03.45 WIB.

Baca juga: Ini Cara Vaksin Covid-19 Menyebar Sesuai Target Dan Merata

Vaksin kemudian dipindahkan dari Envirotainer untuk disimpan di cool room dengan suhu 2-8 derajat celcius. Ruangan tersebut telah disterilisasi dan disiapkan khusus untuk menyimpan vaksin COVID-19.

Vaksin kemudian akan dilakukan pengambilan sampel untuk pengujian mutu oleh tim dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Bio Farma.

“Saya ingin menyampaikan satu kabar baik, satu kabar baik. Bahwa hari ini pemerintah sudah menerima 1,2 juta dosis vaksin COVID-19. Vaksin ini buatan Sinovac yang kita uji secara klinis di Bandung sejak Agustus 2020 yang lalu. Kita juga masih mengupayakan 1,8 juta dosis vaksin yang akan tiba di awal Januari 2021,” kata Presiden Joko Widodo dalam sambutannya, Minggu (6/12/2020).

Meski vaksin sudah tiba, Presiden tetap mengingatkan bahwa seluruh prosedur harus dilalui dengan baik, dalam rangka menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat serta efektivitas vaksin. Pertimbangan ilmiah, hasil uji klinis, ini akan menentukan kapan vaksinasi bisa dimulai.

Ia juga mengingatkan meski vaksin sudah ada, kita tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan. “Tetap disiplin 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) selalu harus terus kita lakukan,” tegas Presiden.

Leave a Reply