Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 24, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Lama Waktu yang Dibutuhkan Berada di Bawah Sinar Matahari Saat Pandemi

Ilustrasi. (dok. Dailymail)

Topcareer.id – Meskipun kita semua tahu bahwa paparan sinar matahari dapat menimbulkan ancaman besar bagi tubuh kita, ada juga sisi lain, yang lebih positif. Paparan sinar matahari yang terbatas penting bagi tubuh kita, karena dapat meningkatkan kadar serotonin.

Lantas, bagaimana kita bisa memastikan mendapat sinar matahari sesuai anjuran untuk menjaga daya tahan tubuh dengan benar, terutama saat musim dingin, di era COVID-19?

Segala sesuatu yang harus diketahui tentang vitamin D

Pertama-tama, vitamin D hampir tidak mungkin tercukupi, terutama selama bulan-bulan yang dingin dan di berbagai wilayah di dunia. Banyak ahli menyarankan untuk menambahkan suplemen vitamin D untuk membantu tubuhmu dalam mengatur semua jenis sel, terlepas dari seberapa banyak paparan sinar matahari yang kamu dapatkan.

“Dosis vitamin D yang disarankan adalah 600 IU setiap hari untuk orang dewasa berusia 70 tahun ke bawah dan 800 IU setiap hari untuk orang dewasa di atas 70 tahun,” menurut artikel dari Harvard Emily S. Ruiz, MD, MPH.

Vitamin D tidak hanya penting untuk sistem kekebalan kita dan memicu reaksi terkait fungsi di setiap sistem tubuh, tetapi dalam beberapa bulan terakhir, penelitian telah mendukung hubungan antara kekurangan vitamin D dan COVID-19.

Baca juga: Awas, Terlalu Banyak Vitamin D Bisa Akibatkan Keracunan Hingga Masalah Ginjal

Faktanya, 80% dari kelompok dan lebih dari 200 pasien virus corona di Rumah Sakit Universitario Marques de Valdecilla telah melaporkan kekurangan vitamin D.

Karena sesuatu yang secara alami tersedia bagi manusia, mungkin sulit untuk mengatur waktunya dengan benar atau memiliki akses ke makanan yang kaya vitamin D sepanjang tahun.

“Untuk mendapatkan dosis vitamin D harian, kami sarankan untuk duduk atau berolahraga di dekat jendela yang diterangi matahari sebentar di siang hari, atau mencoba untuk mendapatkan sekitar 5-15 menit paparan cahaya langsung di luar.”

Selain matahari menjadi sumber vitamin D yang paling jelas dan menonjol, dan fakta bahwa paparan sinar matahari yang lebih cerah menyebabkan produksi lebih banyak melatonin di malam hari, rilis berita tahun 2016 oleh Georgetown menyimpulkan bahwa matahari meremajakan sel T, yang diketahui memainkan peran besar dalam kekebalan.

“Kita semua tahu bahwa sinar matahari memberikan vitamin D, yang diperkirakan berdampak pada kekebalan, antara lain. Tapi apa yang kami temukan adalah peran terpisah dari sinar matahari terhadap kekebalan,” kata Gerard Ahern, Ph.D., profesor di Departemen Farmakologi dan Fisiologi Georgetown.

“Sel T… perlu… untuk sampai ke tempat infeksi dan mengatur tanggapan. Studi ini menunjukkan bahwa sinar matahari secara langsung mengaktifkan sel-sel kekebalan utama dengan meningkatkan pergerakannya.”

Penting untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup jika kamu dapat menyisihkan sumber vitamin D, seperti yang disebutkan. Dianjurkan untuk mendapatkan sinar matahari langsung 10-15 menit sebelum menerapkan SPF 30+, dan penting untuk memusatkan waktumu di luar jam 10 pagi dan 3 sore, ketika kemungkinan kerusakan kulit lebih besar.**(Feb)

Tinggalkan Balasan