Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, January 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Manfaat Black Garlic untuk Kesehatan Jantung Hingga Anti Kanker

Topcareer.id – Kamu mungkin mengenal bawang putih terutama karena baunya yang kuat dan rasanya yang tajam. Namun, pernahkah kamu mendengar tentang bawang putih hitam atau black garlic?

Bawang putih hitam adalah bawang putih mentah segar (Allium sativum) yang telah melalui proses fermentasi, yang disimpan pada suhu 60 hingga 70 derajat Celsius selama 30 hingga 90 hari.

Selama proses fermentasi, siung bawang akan berubah warna menjadi hitam. Tekstur dan rasa bawang putih juga berubah. Lebih lembut, lebih kenyal, dan lebih manis dari bawang putih mentah biasa.

Baca Juga: Makan Buah Satu Ini Bisa Kurangi Tanda Penuaan Dini

Black garlic sudah ada sejak berabad-abad silam. Asal-usulnya tidak jelas, tetapi dimulai di Asia jauh sebelum masuk ke Amerika Serikat.

Salah satu alasan popularitas black garlic adalah memiliki antioksidan dua kali lipat lebih banyak daripada bawang putih biasa dan mengandung nutrisi penting lainnya yang dapat membantu meningkatkan kesehatan serta mencegah masalah kesehatan yang serius.

Black garlic memiliki lebih sedikit senyawa aktif allicin daripada bawang putih biasa. Bawang putih hitam memiliki konsentrasi lebih tinggi dari banyak nutrisi, antioksidan, dan senyawa bermanfaat lainnya. Konsentrasi yang lebih tinggi ini mungkin setidaknya sebagian bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan yang diberikannya.

Kontrol gula darah

Seperti bawang putih mentah segar, black garlic dapat membantu mengatur kadar gula darah. Mengurangi gula darah tinggi dan membantu mencegah masalah kesehatan yang serius, seperti gejala diabetes, disfungsi ginjal, dan lainnya. Tingkat antioksidan yang lebih tinggi dalam black garlic juga dapat membantu mencegah komplikasi yang berkaitan dengan diabetes.

Perlindungan jantung

Tak kalah dengan bawang putih biasa, black garlic juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, yang pada gilirannya mengurangi risiko penyakit jantung.

Melawan beberapa jenis kanker

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa sifat antioksidan pada black garlic dapat membantu melawan kanker. Satu studi menemukan bahwa itu bisa membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker usus besar. Senyawa dalam black garlic yang sudah tua juga dapat memblokir radikal bebas di dalam tubuh.

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply