Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juni 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Hati-Hati, Hindari Kalimat Ini dalam Surat Lamaran Kerja

Topcareer.id – Saat melamar pekerjaan baru, rata-rata perusahaan akan meminta surat lamaran selain resume atau CV. Lewat surat lamaran, kamu bisa memiliki celah peluang untuk memberikan kesan. Tapi, ada kalimat yang harus kamu waspadai dalam menulis surat lamaran agar memperbesar kesempatan lolos.

“Surat lamaran mungkin satu-satunya kesempatan yang kamu miliki untuk membuat kesan pertama yang sangat baik. Karena surat ini harus unik dan asli, itu bisa lebih berpengaruh daripada resumemu,” kata Ryan Luke, Penulis Nasihat Karier dalam The Ladders.

Ia mengatakan, surat lamaran ini memungkinkanmu untuk menghubungkan keterampilan dan kualifikasimu dengan manajer perekrutan dalam format yang lebih pribadi.

Jadi, daripada menyatakan kemampuan untuk mengelola tim secara efektif, kamu dapat menulis paragraf pendek tentang pengalaman dan situasi atau masalah aktual yang kamu atasi.

Ini adalah satu frasa yang tidak boleh kamu masukkan pada surat lamaran

“Untuk Perhatian”

Sebagian besar pelamar akan memasukkan frasa ini di bagian atas surat lamaran mereka. Ini adalah sapaan yang sangat impersonal dan kesan pertama yang akan  berikan kepada manajer perekrutan.

Menurut Luke, kesan yang kamu berikan dengan perkenalan ini adalah: kamu malas.

Baca juga: Pagi Menjelang Siang Jadi Waktu Yang Pas Untuk Apply Pekerjaan

Jika lamaran kerja tidak mencantumkan narahubung, hampir semua kandidat akan menyertakan frasa ini. Jika kamu ingin menonjol daripada kandidat lain, lakukan penggalian dan teliti siapa manajer perekrutan itu. Lakukan riset online atau hubungi Departemen Sumber Daya Manusia untuk mencari tahu nama manajer perekrutan.

“Dengan meluangkan waktu ekstra untuk membuat surat lamaran kamu lebih pribadi, kamu akan memperoleh keuntungan yang signifikan dibandingkan pelamar lainnya.”

Hindari frasa tambahan ini di surat lamaran

“Saya yakin saya orang yang tepat untuk pekerjaan itu,” atau frasa serupa lainnya

Kalimat ini terlihat sombong. Luke mengatakan, kamu tidak berhak memutuskan apakah kamu orang yang tepat untuk pekerjaan itu. Yang berhak tentu saja adalah manajer perekrutan. Hindari kalimat apa pun yang menyarankanmu untuk mendapatkan pekerjaan itu atau berharap untuk bekerja di perusahaan.

Kalimat kuat yang harus kamu sertakan dalam surat lamaran

 “Setelah membaca pernyataan misi Anda, saya bahkan lebih bersemangat tentang posisi ini karena sejalan dengan ide dan tujuan saya.”

“Tahun lalu, saya diberi beberapa tantangan. Beberapa contoh bagaimana saya mengatasi hambatan ini termasuk… ”

“Jika saya ditawari posisi ini, saya akan siap untuk mulai berlari.”

Tinggalkan Balasan