Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, January 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Makanan Apa Saja yang Harus Kamu Konsumsi dan Hindari Jika Mengidap COVID-19

Ilustrasi

Topcareer.id – Sudah banyak orang tahu bahwa COVID-19 adalah penyakit virus pernapasan yang menyebabkan sejumlah gejala seperti demam, menggigil, sesak napas, nyeri tubuh, hingga hilangnya rasa atau bau.

Telah bermunculan di mana-mana edukasi tentang bagaimana agar tetap sehat selama pandemi virus corona seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak fisik.

Tetapi bagaimana jika kamu terjangkit COVID-19, apa saja yang sebaiknya kamu makan dan minum?

Air mineral
Penting bagi kamu untuk tetap terhidrasi jika terjangkit COVID-19. Meskipun kamu tidak bisa makan banyak karena betapa buruknya indera perasa kamu, hidrasi sangat penting.

Tetap terhidrasi. Para dokter mungkin terlewat untuk menekankan hal itu. Hidrasi sangat penting karena obat yang kamu minum, seperti antihistamin, dapat menyebabkan tubuhmu menjadi kering.

Minum air mineral dengan disiplin setidaknya delapan gelas setiap hari. Kamu bisa menambahkan buah-buahan seperti lemon atau jeruk nipis untuk meramaikannya karena air mineral bisa sangat membosankan untuk diminum.

Meningkatkan kekebalan
Tidak ada diet khusus untuk mereka yang terjangkit COVID. Namun, meningkatkan sistem kekebalan kamu selalu merupakan hal yang baik, jadi ada makanan tertentu yang bisa membantu.

Nutrisi khusus dalam sayur dan buah segar dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu seperti beta karoten yang terkandung dalam ubi jalar, wortel, dan sayuran. Untuk sayuran berdaun hijau memiliki antioksidan yang dianggap dapat membantu mengurangi peradangan.

Selain itu kamu sebaiknya juga cukup mengonsumsi vitamin C, E, dan Zinc. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sumber yang baik termasuk dari paprika merah, jeruk, stroberi, mangga, dan brokoli.

Untuk vitamin E, kamu bisa dapatkan sumbernya dari Kacang-kacangan, biji-bijian, bayam dan brokoli. Selain mengandung vitamin E, mereka adalah sumber nutrisi yang larut dalam lemak yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Zinc kamu bisa temukan dalam biji labu, lentil, kacang-kacangan, dan biji wijen, semua dapat membantu meningkatkan sel darah putih untuk membantu melindungi tubuh kamu dari penyakit.

Secara umum konsumsi makanannya sama saat kamu sedang sehat. Namun saat kamu sakit COVID-19, kamu harus makan setidaknya tiga porsi buah dan sayuran segar per hari dan hindari makanan olahan. Pilih protein tanpa lemak atau nabati daripada daging merah.

Pastikan juga kamu tidak menggunakan makanan atau sayuran kalengan karena mengandung terlalu banyak garam.

Jika kamu tidak bisa makan makanan lengkap, minumlah smoothie yang dibuat dengan buah beri segar beku, susu, dan greek yoghurt yang akan membantu mendukung ususmu tetap sehat.

Kamu juga akan mendapatkan asupan dosis vitamin D dari susu dan yoghurt yang juga dapat membantu sistem kekebalan tubuhmu.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply