Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, January 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Benarkan Vaksin Dapat Menyebabkan Leukimia ?

Ilustrasi. Dok/Pixabay

Topcareer.id – Saat ini jagat Facebook tengah dihebohkan dengan pemberitaan mengenai salah satu kandungan vaksin yakni formaldehida, yang diklaim bisa menimbulkan penyakit leukimia pada anak-anak.

Hal ini bermula saat seorang yang mengaku berprofesi sebagai pembalsem (pengawet mayat) selama 18 tahun membagikan sebuah narasi di platform biru tersebut.

“Saya pembalsem selama 18 tahun. Kanker yang paling umum diderita pembalsem adalah leukemia akibat paparan formaldehida. Anak-anak sekarang disuntik dengan lusinan vaksin, lebih banyak dari yang kita terima saat masih anak-anak, dan salah satu bahannya adalah formaldehida (digunakan sebagai pengawet vaksin). Kanker anak nomor satu adalah leukemia,” tulisnya.

Dikutip dari Kominfo.go.id pada Jumat (18/12/2020), hal tersebut merupakan berita HOAKS alias bohong.

Faktanya, seorang penelitian senior di Institut Penelitian Walter dan Elizabeth Hall, Dr Seong Lin Khaw mengatakan tingkat formaldehida yang ada dalam beberapa vaksin aman untuk manusia.

“Tingkat jejak formaldehida yang ada dalam beberapa vaksin jauh lebih rendah daripada tingkat formaldehida alami yang diproduksi secara fisiologis sebagai bagian dari metabolisme normal atau hadir dalam makanan seperti buah-buahan,” jelasnya.

Sedangkan, pada kesempatan berbeda, manajer umum Leukemia Foundation, Kathryn Huntley menegaskan bahwa faktor risiko untuk anak-anak terkena leukemia sebagian besar tidak diketahui.

“Leukimia bisa jadi disebabkan karena faktor keturunan,” pungkasnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply