Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, January 26, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Jangan Sepelekan 10 Kebiasaan Ini, Bisa Merusak Ginjal Kamu (Bagian 1)

Topcareer.id – Ginjal memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh kamu. Organ dalam tubuh ini terletak di dekat bagian tengah punggung pada kedua sisi tulang belakang, tepat di bawah tulang rusuk bagian belakang.

Terdiri dari sepasang organ, ginjal kiri dan ginjal kanan. Ginjal merupakan salah satu organ utama dalam sistem urinaria atau sistem saluran kemih.

Mengingat pentingnya fungsi ginjal bagi kesehatan tubuh, tentu kamu harus menjaga kesehatan ginjal sebaik mungkin.

Baca Juga: Tips dari Ahli Nutrisi untuk Jaga Kesehatan Ginjal

Hindari kebiasaan berikut ini yang bisa membuat fungsi ginjal terganggu atau bahkan merusaknya.

Bagian pertama dari artikel:

1) Terlalu sering menggunakan obat penghilang rasa sakit
Obat nyeri memang dijual bebas seperti NSAID (obat antiinflamasi nonsteroid) yang dapat membantu meredakan nyeri, tetapi dapat membahayakan ginjal terutama jika kamu sudah menderita penyakit ginjal. Kurangi penggunaan NSAID secara teratur dan jangan pernah melebihi dosis yang dianjurkan.

2) Terlalu doyan makanan asin
Makanan tinggi garam mengandung natrium tinggi, yang dapat meningkatkan tekanan darah dan pada gilirannya jelas membahayakan ginjal. Sebaiknya bumbui makanan bumbu racikan dan rempah-rempah. Hindari penggunaan terlalu banyak garam pada makanan.

3) Makan makanan olahan
Makanan olahan merupakan sumber natrium dan fosfor yang signifikan. Banyak orang yang menderita penyakit ginjal perlu membatasi fosfor dalam makanannya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asupan fosfor yang tinggi dari makanan olahan pada orang tanpa penyakit ginjal dapat membahayakan ginjal dan tulang mereka.

4) Tidak minum air mineral yang cukup
Tetap terhidrasi dengan baik membantu ginjal membersihkan natrium dan racun dari tubuh. Kecuali mereka yang memiliki masalah ginjal atau gagal ginjal mungkin perlu membatasi asupan cairannya, tetapi bagi yang sehat, minum 1,5 hingga 2 liter air minneral per hari merupakan target yang sehat.

5) Sering kurang tidur
Istirahat malam yang nyenyak sangat penting untuk kesejahteraan secara keseluruhan. Dan ternyata juga berpengaruh pada ginjal kamu. Fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur-bangun yang membantu mengoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam.**(RW)

Bersambung ke Artikel Bagian Kedua…….

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply