Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 24, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Vaksinolog Sebut Ibu Hamil dan Lansia Boleh Menerima Vaksin Covid-19

Ilustrasi (dok. iStock)

Topcareer.id – Belakangan muncul kabar yang menyatakan bahwa ibu hamil dan orang lanjut usia (lansia) merupakan golongan masyarakat yang tidak akan mendapatkan vaksin. Alasannya vaksin tersebut dapat memiliki dampak negatif baik untuk dirinya sendiri maupun sang buah hati.

Namun, seorang Vaksinolog dan Dokter Spesialis Penyakit, dr. Dirga Sakti Rambe menepis kabar tersebut dan menjelaskan kenapa kedua kelompok tersebut justru perlu mendapatkan vaksin covid-19.

“Kita tahu bahwa banyak penyakit-penyakit infeksi yang bila terjadi pada masa kehamilan, dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin dan dapat mempengaruhi kondisi kehamilan secara langsung. Oleh sebab itu, ibu hamil boleh, bahkan sangat penting menerima vaksinasi,” ujarnya di Jakarta, Senin (21/12/2020).

Sebagai contoh, dr. Dirga mengatakan, ibu hamil yang terkena Influenza, sering kali dihubungkan dengan kelahiran prematur. Sehingga, Organisasi Kesehatan menyarankan agar ibu hamil mendapatkan vaksin Influenza. Hal ini juga berlaku untuk beberapa vaksin lainnya.

“Tapi, perlu diingat bahwa ibu hamil tidak boleh mendapatkan vaksin hidup seperti vaksin MMR, vaksin Campak, dan vaksin Cacar Air. Vaksinasi itu harus ditunda hingga kehamilannya selesai,” terangnya.

Selain ibu hamil, dr. Dirga menegaskan bahwa vaksinasi juga bisa diberikan pada lansia karena pada usia tersebut terjadi penurunan sistem imunitas akibat proses penuaan.

“Lansia termasuk kelompok yang sangat rentan untuk mengalami penyakit infeksi sehingga ada beberapa rekomendasi khusus vaksinasi pada lansia, di antaranya ada vaksin Pneumonia, vaksin Influenza, vaksin Herpes Zoster atau Cacar Ular, serta beberapa vaksin lain yang Kamu dapat lihat pada rekomendasi vaksinasi dewasa,” pungkas dr. Dirga.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan