Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, January 26, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

7 Cara Tingkatkan Percaya Diri untuk Cari Kerja di 2021 Setelah Jobless (Bagian 1)

Ilustrasi. (dok. Astrophesia)

Topcareer.id – Menjadi pengangguran tidak pernah mudah, tetapi tidak memiliki pekerjaan di tengah pandemi global selama liburan bisa dua kali lebih menyedihkan. Kehilangan pekerjaan sangat berdampak pada kesehatan mental, juga menurunkan rasa percaya diri.

Associate Professor Dr. Songqi Liu dari Georgia State University mengatakan ada lima aspek pekerjaan yang seringkali tidak dimiliki oleh para penganggur. Dan itulah struktur waktu, tujuan kolektif, kontak sosial, status, dan aktivitas.

“Hilangnya fungsi-fungsi penting dari pekerjaan biasanya mengakibatkan kesusahan. Penelitian menunjukkan bahwa tekanan finansial yang meningkat yang dialami oleh para pengangguran dapat lebih jauh menyebabkan gangguan kesehatan mental,” kata Dr. Liu, mengutip The Ladders.

Pengangguran telah dikaitkan dengan depresi, kecemasan, harga diri rendah, ketidakpuasan dalam pernikahan, dan bahkan peningkatan risiko kematian.

Untuk membantu seseorang yang mengalami kurangnya motivasi atau kepercayaan diri, Dr. Liu merekomendasikan beberapa cara untuk meningkatkan efikasi diri pencarian kerja dan persuasi verbal.

Baca juga: 4 Kunci Menjadi Pemimpin Yang Autentik

1. Siapkan elevator pitch (deskirpsi singkat ide) kamu

“Pikirkan tentang keterampilan dan karakteristik pribadi yang diperlukan dalam jenis pekerjaan yang kamu cari, dan pertimbangkan di mana dirimu unggul. Kemudian gunakan bahasa yang ringkas untuk mendeskripsikan jenis posisi yang kamu minati,” kata Dr. Liu.

Persiapkan dirimu untuk acara networking, latih elevator pitch 20-30 detik pada waktu henti. Dengan cara itu kamu akan selalu siap.

2. Coba lakukan wawancara tiruan

Berpura-pura dapat membantu pencari kerja mengantisipasi dan mempersiapkan jawaban untuk wawancara virtual atau langsung mereka. “Terkadang mendapatkan nasihat tentang cara berpakaian dapat menurunkan kecemasan saat wawancara,” kata Dr. Liu.

3. Terhubung kembali dengan mantan karyawan

Karantina dan jarak sosial membuat banyak orang yang menganggur merasa sendirian dan terkadang kehilangan kontak. Pelatih karier Lisa R. Ealy mengatakan sekaranglah waktunya untuk menghubungi mantan kolegamu di LinkedIn.

Mulailah terhubung dengan calon pemberi kerja. Saat kamu mengizinkan jaringanmu untuk membuat acara penyambutan, ini seringkali membuatnya lebih mudah untuk membuat koneksi yang mengarah ke wawancara dan posisi baru.**(Feb)

Leave a Reply