Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, January 26, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Atasi Stres dan Depresi saat Liburan di Tengah Pandemi (Bagian 2)

Topcareer.id – Stres dan depresi tentunya akan sangat merusak momen liburan kamu dan bisa mengganggu kesehatan.

Liburan natal dan akhir tahun pada 2020 ini tampak jelas sangat terpukul akibat ketatnya peraturan dan larangan karena pandemi COVID-19 yang tak kunjung mereda, meskipun vaksin sudah mulai disebar.

Bersikap realistis, merencanakan liburan dengan matang dan mencari dukungan dapat membantu menangkal stres dan depresi.

Liburan di rumah sering kali menghadirkan beragam kegiatan yang memusingkan seperti harus memasak banyak makanan dan harus berkutat dengan kebosanan.

Terlebih lagi jika COVID-19 tingkat penyebarannya tinggi di lingkungan kamu, mungkin saja akan ada stres tambahan. Rencana liburan pun bisa rusak.

Namun dengan beberapa tips praktis berikut ini, kamu bisa meminimalisir stres liburan di tengah pandemi virus corona.

Bagian kedua dari artikel:

6) Buat rencana menarik
Luangkan hari-hari tertentu untuk berbelanja, hingga memasak atau membuat kue. Namun lakukan semuanya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Atau kamu bisa berbelanja online untuk salah satu kebutuhanmu. Rencanakan menu yang akan kamu buat dan kemudian buat daftar belanja. Itu akan membantu mencegahmu stres karena lupa membeli bahan yang terlupakan.

7) Belajar mengatakan tidak
Mengatakan ya saat kamu harus mengatakan tidak dapat membuatmu merasa kesal dan kewalahan. Teman dan kolega akan mengerti jika kamu tidak dapat berpartisipasi dalam suatu aktivitas. Jika tidak mungkin untuk mengatakan tidak ketika atasanmu meminta untuk bekerja lembur, cobalah untuk menghapus hal lain dari agendamu untuk menebus waktu yang hilang.

8) Jangan tinggalkan kebiasaan sehat
Jangan biarkan liburan menjadi gratis untuk semua hal. Terlalu memanjakan diri hanya menambah stres dan rasa bersalah kamu. Cobalah untuk makan camilan sehat, tidur cukup, tetap berolahraga secara teratur, latihan pernapasan seperti meditasi atau yoga, hindari mengonsumsi alkohol dan merokok yang berlebihan. Sadari juga bagaimana budaya media informasi dapat menghasilkan stres yang tidak semestinya, sesuaikan waktu dan pilih berita sesuai keinginan kamu.

9) Istirahatlah
Luangkan waktu untuk diri sendiri dan temukan aktivitas yang kamu sukai seperti, misalnya mengamati bintang di antariksa saat malam, mendengarkan musik favorit, atau membaca buku. Lalu beristirahatlah sendiri dengan cukup. Menghabiskan waktu sekitar 15 menit saja mungkin cukup menyegarkanmu.

10) Cari bantuan profesional jika membutuhkan
Terlepas dari upaya terbaik kamu dalam menghadapi liburan dengan banyak aturan dan pembatasan, kamu mungkin merasa sedih atau cemas terus-menerus dan putus asa, serta tidak mampu menghadapi pekerjaan rutin. Jika perasaan ini bertahan lama, cobalah untuk membicarakannya dengan dokter atau ahli kesehatan mental.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply