Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juni 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

UGM: Tingkat Akurasi GeNose Hampir Sekelas Swab Test

Dok/UGM

Topcareer.id – Universitas Gajah Mada (UGM) mengklaim bahwa alat pendeteksi Covid-19 buatannya, yakni GeNose19 memiliki tingkat akurasi pemeriksaan yang hampir sama dengan Swab Test.

“Sebelum dilakukan uji diagnosis, alat ini sebelumnya telah melalui uji profiling dengan menggunakan 600 sampel data valid, dan menunjukkan tingkat akurasi tinggi, yaitu 97 persen,” seperti dikutip pada ugm.ac.id, Senin (28/12/2020).

Sampel data ini didapat dari Rumah Sakit Bhayangkara dan Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid Bambanglipuro yang terletak di wilayah Yogyakarta.

Sebelumnya diketahui, GeNose merupakan alat yang bekerja secara cepat dan akurat mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi Covid-19, yang keluar bersama nafas seseorang.

Adapun sejumlah keunggulan GeNose ini antara lain reliabilitas tinggi karena menggunakan sensor yang dapat dipakai, hingga puluhan ribu pasien dalam jangka lama, mampu memberikan hasil dalam waktu yang relatif cepat, non-invasif, hingga hanya memerlukan biaya pengujian yang murah karena menggunakan masker non-rebreathing dan hepa filter sekali pakai.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan