Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Ini Negara-Negara yang Laporkan Kasus Varian Baru COVID-19 (Bagian 1)

Ilustrasi penelitian virus. (pexels)

Topcareer.id – Tak hanya dua, tiga varian baru COVID-19 telah terdeteksi dalam beberapa pekan terakhir yang menyebabkan peningkatan kewaspadaan di seluruh dunia apalagi varian yang ditemukan di Inggris lebih mudah menular hingga 70%.

Varian baru pertama kali dilaporkan di Inggris Raya pada 14 Desember. Dinamakan VUI-202012/01 (Varian pertama yang sedang diselidiki pada Desember 2020), diperkirakan pertama kali muncul pada pertengahan September.

Kemudian minggu lalu, Afrika Selatan melaporkan strain baru lainnya yang tampaknya telah bermutasi lebih jauh dari varian Inggris. Dikenal sebagai 501.V2.  Pada 24 Desember, kepala badan pengawas penyakit Afrika mengatakan jenis COVID-19 lain, yang dikenal sebagai P681H diidentifikasi di Nigeria.

Ini adalah garis keturunan yang terpisah dari mutasi lainnya tetapi tampaknya tidak menyebar secepat dua varian baru lainnya. Mengutip Al Jazeera, di bawah ini adalah daftar negara yang sejauh ini melaporkan kasus strain baru virus corona.

Australia

Pada 21 Desember, pejabat kesehatan Australia mengatakan dua orang yang bepergian dari Inggris tiba di negara itu dengan strain baru.

Denmark

Organisasi Kesehatan Dunia melaporkan bahwa sembilan kasus varian baru terdeteksi di Denmark.

Kanada

Pejabat kesehatan di provinsi Ontario Kanada pada 26 Desember melaporkan dua kasus pertama varian COVID-19 di negara itu, yang pertama kali ditemukan di Inggris. Kasus tersebut terjadi pada pasangan di Durham, wilayah timur Toronto, tanpa riwayat perjalanan yang diketahui, atau kontak berisiko tinggi.

Perancis

Pada 25 Desember, Perancis mendeteksi kasus pertama varian baru pada seorang warga negara Perancis yang kembali dari ibu kota Inggris pada 19 Desember. Dia tidak memiliki gejala dan dikarantina di rumahnya di pusat kota Tours.

Italia

Pada 23 Desember, Italia mendaftarkan kasus kedua dari jenis baru virus corona baru di dekat pusat kota Ancona, tetapi pasien tidak memiliki kontak langsung dengan Inggris, tempat varian pertama kali muncul. Direktur laboratorium Stefano Menzo mengatakan kepada kantor berita Italia ANSA bahwa itu bukan jenis yang pertama kali terdeteksi di Inggris.

Jepang

Pada 25 Desember Jepang melaporkan lima kasus pertama dari varian yang menyebar cepat pada penumpang yang datang dari Inggris.

Yordania

Menteri kesehatan Yordania mengatakan pada 27 Desember bahwa Yordania telah mendeteksi dua kasus pertama dari varian baru virus corona yang telah menyebar dengan cepat di beberapa bagian Inggris, pada para pelancong yang baru saja tiba dari Inggris.

Libanon

Di Lebanon, menteri kesehatan sementara negara mengatakan pada 25 Desember bahwa kasus varian baru terdeteksi pada penerbangan yang tiba dari London. Penerbangan Middle East Airlines 202 tiba pada 21 Desember, kata Hamad Hassan, mendesak semua penumpang dalam penerbangan tersebut dan keluarga mereka untuk mengambil tindakan pencegahan.

Leave a Reply