Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 24, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

6 Cara Tetap Profesional di Tempat Kerja

Ilustrasi. Sumber foto: ntuclearninghub.comIlustrasi. Sumber foto: ntuclearninghub.com

Topcareer.id – Tetap profesional di tempat kerja sangatlah penting, bahkan ketika kamu merasa harus benar-benar bebas untuk mengekspresikan perasaan dan emosi kamu yang sebenarnya.

Mengetahui bagaimana tetap profesional mungkin di tempat kerja penting untuk menavigasi politik perusahaan tanpa merusak atau mengurangi peluang kamu mendapatkan promosi di masa depan.

Apapun hal yang sedang menimpamu atau kamu merasa perlu membela diri dan mengutarakan pendapat, namun penting untuk melakukannya secara profesional.

Berikut ini 6 cara agar kamu bisa tetap profesional dalam bekerja

1) Pertimbangkan dress code
Berpakaianlah untuk mengesankan meskipun kantor kamu tidak memiliki aturan dress code yang ketat. Berpakaian formal atau semi formal tampak lebih profesional dan menunjukkan sikap kerja yang serius dan berdedikasi kepada rekan kerja, manajer, dan atasan.

2) Bekerja lebih lama dari yang dibutuhkan namun tidak berlebihan
Bekerja dengan jam minimum, tidak selalu menjamin promosi atau membuatmu menonjol di antara rekan kerja. Untuk memaksimalkan produktivitasmu, berikan lebih banyak waktu setiap hari untuk proyek tambahan atau pekerjaan penting dan lakukan untuk menunjukkan dedikasi dan komitmen kepada atasan.

Namun jangan sampai berlebihan hingga terlalu larut. Kamu harus bisa membedakan memberikan dedikasi lebih dengan terpaksa lembur.

Baca juga: Mengapa Kejujuran Itu Penting dalam Dunia Profesional, dan Apa Keuntungannya

3) Selalu persiapkan diri untuk rapat
Persiapkan diri selalu untuk rapat mendatang dengan merujuk pada catatan sebelumnya untuk memeriksa kemajuan dan pembaruan dalam tim kamu dan tim di sekitarnya. Datanglah rapat tepat waktu atau bahkan lebih awal. Ini menunjukkan bahwa kamu terinformasi dengan baik dan siap membantu serta terlihat profesional.

4) Pertahankan sikap profesional setiap saat
Jaga sikap profesional di tempat kerja baik saat kamu berkomunikasi dengan rekan kerja, klien, atau manajer. Hindari menjadikan masalah jadi personal bahkan jika kamu tidak setuju dengan orang lain di tempat kerja, dan sebaliknya, upayakan solusi yang menguntungkan semua orang yang terlibat.

5) Temukan keseimbangan
Pisahkan pekerjaan dari kehidupan pribadi kamu untuk mempertahankan kesuksesan tanpa merasa kewalahan. Memiliki keseimbangan ini sangat penting untuk melindungi kesehatan mental dan emosional, sekaligus memiliki kemampuan untuk melangkah maju setiap kali kamu bekerja.

6) Silent ponsel kamu
Kapan pun kamu sedang bekerja, biarkan ponsel kamu berada dalam mode diam atau bergetar, terutama jika kamu menghadiri rapat sepanjang hari. Menutup ponsel juga menunjukkan profesionalisme dan dedikasi yang kamu miliki untuk pekerjaan dan perusahaan yang kamu wakili.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan