Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, January 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Lima Sayuran Paling Menyehatkan di Dunia

Sayur-sayuran.

Topcareer.id – Semua tahu sayur memiliki manfaat besar untuk kesehatan tubuh. Sayuran memiliki kadar vitamin, mineral, dan serat yang tinggi. Namun, beberapa sayuran menonjol daripada yang lain dengan manfaat kesehatan yang terbukti, seperti mengurangi risiko penyakit.

Berikut beberapa macam sayuran paling menyehatkan yang ada di bumi, seperti dilansir dari laman Healthline.

1. Bayam

Tanaman berdaun hijau ini menempati urutan teratas sebagai salah satu sayuran tersehat, berkat profil nutrisinya yang mengesankan. Satu cangkir (30 gram) bayam mentah memiliki 56% kebutuhan vitamin A harianmu ditambah seluruh kebutuhan vitamin K harian- semuanya hanya untuk 7 kalori.

Bayam juga mengandung banyak antioksidan, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Satu studi menemukan bahwa sayuran berdaun hijau tua seperti bayam mengandung beta-karoten dan lutein yang tinggi, dua jenis antioksidan yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker.

2. Wortel

Wortel dikemas dengan vitamin A, menyediakan 428% dari nilai yang direkomendasikan harian hanya dalam satu cangkir (128 gram). Wortel mengandung beta-karoten, antioksidan yang memberi wortel warna oranye cerah dan dapat membantu pencegahan kanker.

Faktanya, satu penelitian mengungkapkan bahwa untuk setiap porsi wortel per minggu, risiko kanker prostat peserta studi menurun sebesar 5%. Studi lain menunjukkan bahwa makan wortel juga dapat mengurangi risiko kanker paru-paru pada perokok.

Dibandingkan dengan mereka yang makan wortel setidaknya sekali dalam seminggu, perokok yang tidak makan wortel memiliki risiko tiga kali lebih besar terkena kanker paru-paru.

Baca juga: 3 Vitamin Yang Terbukti Tingkatkan Konsentrasi Kerja

3. Brokoli

Brokoli kaya akan senyawa tanaman yang mengandung sulfur yang dikenal sebagai glukosinolat, serta sulforaphane, produk sampingan dari glukosinolat. Sulforaphane penting karena telah terbukti memiliki efek perlindungan terhadap kanker.

Dalam satu penelitian pada hewan, sulforaphane mampu mengurangi ukuran dan jumlah sel kanker payudara sekaligus memblokir pertumbuhan tumor pada tikus. Secangkir (91 gram) brokoli mentah menyediakan 116% kebutuhan vitamin K harian, 135% dari kebutuhan vitamin C harian, dan folat, mangan, dan kalium dalam jumlah yang baik.

4. Bawang putih

Senyawa aktif utama dalam bawang putih adalah allicin, senyawa tanaman yang sangat bertanggung jawab atas berbagai manfaat kesehatan bawang putih. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih dapat mengatur gula darah serta meningkatkan kesehatan jantung.

5. Kubis Brussel

Seperti brokoli, kubis Brussel adalah anggota keluarga sayuran cruciferous dan mengandung senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan. Kubis Brussel juga mengandung kaempferol, antioksidan yang mungkin sangat efektif dalam mencegah kerusakan sel.

Konsumsi kubis Brussel juga dapat membantu meningkatkan detoksifikasi. Selain itu, kubis Brussel sangat padat nutrisi. Setiap porsi menyediakan banyak vitamin dan mineral, termasuk vitamin K, vitamin A, vitamin C, folat, mangan dan kalium.

Leave a Reply