Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, January 16, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

3 Vitamin yang Terbukti Tingkatkan Konsentrasi Kerja

Topcareer.id – Meski pandemi dan harus bekerja dari rumah, kamu akan tetap dituntut untuk tetap fokus dan produktif. Masalahnya, tetap fokus di masa sekarang ini bisa menjadi tantangan yang nyata, apalagi jika bekerja dari rumah yang rentan gangguan.

Memasukkan lebih banyak vitamin dan mineral ke dalam makanan harian dapat membantu meningkatkan fokus. Berikut adalah beberapa opsi paling efektif untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi di tahun 2021, melansir The Ladders.

Vitamin D3

Ada banyak faktor risiko yang terkait dengan kekurangan vitamin ini, tetapi ketika melihat fungsi kognitif secara khusus, Vitamin D3 merupakan bagian integral dari fokus dan konsentrasi.

Kadar vitamin D3 yang rendah telah terbukti berkorelasi dengan fungsi kognitif yang diminimalkan secara langsung, dapat berdampak negatif pada tingkat energi, dan bahkan menyebabkan depresi. Ini karena cara vitamin D3 membantu fungsi syaraf di otak kita.

Untuk mendapatkan lebih banyak vitamin D3, salah satu cara memulainya adalah dengan mendapatkan paparan sinar matahari langsung selama 20-30 menit. Pastikan kamu menggunakan SPF dan melindungi kulitmu. Makanan lain dengan sumber vitamin D3 yang baik termasuk ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna. Jamur juga kaya vitamin D3.

Vitamin C

Tapi selain mendukung fungsi sistem kekebalan kita, Vitamin C ternyata juga memberi kita banyak keuntungan peningkatan otak. Agar neurotransmiter kita menghasilkan norepinefrin (yang mengontrol perhatian dan respons otak kita), tubuh kita membutuhkan vitamin C. Inilah sebabnya mengapa mendapatkan cukup vitamin C sangat penting untuk fokus otak.

Baca juga: Mengenal Hipersomnia, Dan Cara Mengatasinya

Vitamin C juga membantu respons stres, yang bisa sangat membantu jika kita bekerja di lingkungan dengan stres tinggi. Jeruk biasanya menjadi hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika kita memikirkan vitamin C, tetapi stroberi, blueberry dan lemon juga kaya akan vitamin ini. Sayuran hijau seperti Kale dan bayam juga tinggi vitamin C.

Vitamin B

Vitamin B seperti B-12, B-3 (Niacin) dan B-9 (Folat) dapat membantu meningkatkan produktivitas dan tingkat fokus. Mengapa demikian? Itu semua berkaitan dengan bagaimana nutrisi ini bekerja untuk mengubah neurotransmiter untuk membantu fungsi mitokondria dengan baik.

Orang yang kekurangan vitamin B diketahui menderita tingkat energi yang rendah dan bahkan menunjukkan perkembangan belajar yang lebih lambat. Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin B dapat membantu orang dewasa yang lebih tua mempertahankan dan meningkatkan fungsi kognitif juga.

Untuk menambahkan lebih banyak vitamin B ke dalam makanan, tambahkan kacang hijau, asparagus, bayam, alpukat, dan kentang. Telur, keju, dan susu juga kaya vitamin B.**(Feb)

Leave a Reply